Mitos Calempong Unggan Masyarakat Nagari Unggan Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung

Shindi Amanta Wulandari, Febri Yulika, Mutia Kahanna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan awal munculnya mitos calempong unggan, bentuk mitos calempong unggan serta pandangan masyarakat Nagari Unggan terhadap mitos calempong unggan di Nagari Unggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturalisme Levi-Strauss. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah antara lain mengumpulkan data, mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awal munculnya mitos calempong unggan pada saat padi sudah berisi berawal dari cerita ada orang tua sekitar 550 tahun yang silam mendengar ada anak kecil yang sedang menangis di daerah Sidilam. Selanjutnya, dengan kejadian tersebut membuat masyarakat berinisiatif untuk mencari orang yang hilang di hutan, karena orang bunian sangat suka dengan bunyi calempong unggan.  Mitos calempong unggan terdiri dari dua bentuk, yang pertama calempong unggan dilarang dibunyikan pada saat padi mulai berisi sampai selesai panen dan calempong unggan digunakan sebagai alat bantu untuk menemukan orang yang hilang di hutan atau diculik oleh orang bunian. Ada beberapa perbedaan pandangan masyarakat Nagari Unggan terhadap mitos calempong unggan yaitu  ada masyarakat yang percaya dan ada yang tidak percaya akan mitos tersebut. Akan tetapi, masyarakat yang tidak percaya mitos tersebut tidak bisa melanggar, karena ada sanksi yang diberikan oleh kaum adat bagi orang yang membunyikan calempong unggan pada saat padi berisi.


Keywords


Mitos, Calempong Unggan, Bentuk Mitos.

References


Ahimsa-Putra, H. Shri. 2001. Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Galang Press. Yogyakarta.

Danandjaya, J. 1984. Folklor Indonesi: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. PT Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.

Djohn, D & Agus Cremers. 1997. Mitos Dukun & Sihir Claude Alfa Strauss. Kanisius. Yogyakarta.

Endraswara, S. 2010. Falsafah Hidup Jawa. Cakrawala. Yogyakarta.

Keesing. 1992. Antropologi Budaya, Suatu Perspekif Kontemporer. Terjemahan oleh Samuel Gunawan. Erlangga. Jakarta.

Moleong, L. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosda Karya. Bandung.

Nasir, A. Ainun. 2017. Mitos Larangan Makan Di Depan Pintu Perspektif Hermeneutika (Studi Kasus Desa Mojosar, Kecamatan kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro). Skripsi. Program Studi Aqidah Filsafat Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Nengsih, Y. Rahayu. 2019. Bentuk Penyajian Talempong Unggan pada Acara Khitanan di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang.

Ratna, N. Kutha. 2010. Metode Penelitian kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Riqadli. 2021. Kecamatan Sumpur Kudus dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sijunjung. Sijunjung.

Sadely, H dan Pringgadigdo. 1998. Ansiklopedia Umum. Kanisius. Yogjakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian dan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Wulandari, N. 2018. Upaya Pelestarian Talempong Unggan di Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Skripsi. Program Studi Sendratasik. Universitas Negeri Padang. Padang.

Yulinawati. 2018. Mitos Keramat Pohon Pule di Desa Tekorejo, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku) Timur. Skripsi. Program Studi Agama-Agama. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Zulmaidi. 2018. Talempong Unggan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung Dalam Film Dokumenter. Jurnal. Universitas Negeri Padang. Padang. Vol 77. No 2.(http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/9131


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ethnography : Journal of Cultural Anthropology 
Email:  Ethnography@isi-padangpanjang.ac.id |  HP: +62 812-2519-7932
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ethno
Program Studi Antropologi Budaya, Fakultas Seni Pertunjukan
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/