"BAKAUA ADAT BAKATOMPAT" DI SUNGAI LANSEK SIJUNJUNG

Savina Vina Yunita, Maulid Hariri Gani

Abstract


Tradisi merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat, dari zaman dahulu sampai sekarang yang dilakukan secara berulang dan akan teru dilestarikan sampai kapan pun, tradisi juga memiliki makna agama, adat dan sosial antar masyarakat yang ada.Bakau merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil pertanian dan perkebunan.Bakatampat adalah suatu upacara yang dilkukan oleh suatu masyarakat sebagai ucapan rasa syukur masyarakat tersebut kepada Allah SWT dan para Datuak terdahulu atas hasil panen yang diberikan. Di dalam Bakatomapat itu ada beberapaq proses yang dilalui sebelum memasuki acara puncak Bakatompat tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fungsional menurut Emile Durkheim (1858-1917). Metode penelitian saya menggunakan kualitatif. Kaitan dengan materi yang di angkat adalah fungsi dari tradisi tersebut bagi masyarakat Sungai Lansek dan juga merupakan keseimbangan kebutuhan bagi masyarakat Sungai Lansek, dengan cara mewawancarai narasumber yang terlibat didalam acara Bakatompat.


Keywords


tradisi, bakaua adat, bakatompat

References


Abdul Wahab Syakhrani, Muhammad Lutfi Kamil. 2022. 1 ( Budaya dan Kebudayaan : Tinjauan dari pakar, Wujud- wujud Kebudayaan, 7 unsur kebudayaan bersifat universal) [Online, di akses pada scholar.goole.com].

Adh Putra. 2018. 51 ( Soekanto, Kamus Sosiologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada , 1993. 51) [Online, di akses pada e-jounal.uajy.ac.id].

Afif Fauzi Abbas 2007. 1 (Konsep Dasar Adat Minangkabau) [Online, di akses pada scholar.goole.com].

Donny Prasetyo. 2019. 1. ( Memahami Masyarakat dan Perspektifnya) [Online, di akses pada jurnal Menajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial].

Hadi Saputra. 2024. 9. (Teori-teori Antropologi) (Koentjaraningrat, Sejarah Teori Antropologi 1, Jakarta : Universitas Indonesia, 1987. Hal 162 [Online, diakses padaid.scribd.com]).

KBBI. 2016 . Kamus Besar Bahasa Indonesia. (KBBI). [Online, diakses pada kbbi.kemendikbud.go.id].

M Azizah. 2020. 15 Pusat Bahasa Departemen Pendidikan, Nasional, Kamus Besar Bahasa Indinesia , Jakarta: Balai Pustaka, 2005. 1208 [Online, di etheses.iainkediri.ac.id).

Pesonalia Ruri. 2016. 1. (Upacara Adat Bakaua Studi Kasus: Nagari Kuncir Kecamatan X Koto di Atas, Kabupaten Solok) [Online, di akses pada scholar.goole.com].

Rian Yuniarti. 2015. 5. (Proses Bakau Adat di Nagari Lalan Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung) [Online, di akses pada jim.upgrisba.ac,id].

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ethnography : Journal of Cultural Anthropology

E-ISSN 3031-1616 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ethno/index
Email: thnography@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Endrizal, S.Fil.I., M. A. | Managing Editor: Septriani, S.S., M.A.Thegar Risky.S.Kom | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 



Ethnography : Journal of Cultural Anthropology© 2021 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International