TARI KURENAH BERBASIS PERILAKU ANAK
Abstract
Tulisan ini merupakan hasil karya tari inovatif yang bersumber dari gerak-gerak
silat dan gerak keseharian perilaku anak.. Perwujudan karya tari tidak terlepas
daya imajinatif pengkarya sebagai masyarakat akademis dalam memahami
fenomena sosial dalam kehidupan masyarakat terutama fenomena perilaku anak. Proses kreatif dalam pembentukan karya tari merupakan interpretasi dari
fenomena sosial budaya perilaku anak dalam bersosialisasi antar sesama. Dengan dasar ini karya tari yang bertemakan sosial diberi judul : Kurenah dengan landasan koreografi. Hasil karya disajikan dalam rangka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) se kota Bukittinggi April 2017.
This paper is a result of innovative dance work that comes from the motion of
martial arts and the daily motion of children's behavior. The realization of dance
works is inseparable from the imaginative power of the creator as an academic
society in understanding social phenomena in people's lives, especially the
phenomenon of child behavior. The creative process in forming dance works is an interpretation of socio-cultural phenomena about children's behavior in
socializing among others. On this basis a social theme dance is titled: Kurenah
with the basis of choreography. The work is presented in the framework of the
National Student Art Competition Festival (FLS2N) throughout the city of
Bukittinggi in April 2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.A. Nafis 1984. Alam Takambang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau, Cetakan I. Jakarta: Temprint.
Y. Sumandiyohadi. 2003. Aspek-Aspek Dasar Koreografi. Yogyakarta: Mantili.
----------------------- 2003.Mencipta Lewat Tari. Yogyakarta: Mantili.
Idrus Hakimi. 1994. Pegangan Penghulu, Budo Kanduang, dan Pidato Alua Pasambahan Adat Minangkabau. Cetakan Keempat
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/gjg.v13i2.585
Refbacks
- There are currently no refbacks.