Aplikasi Kain Perca Batik Tasikmalaya Melalui Teknik Sulam Dan Kolase Ilustrasi Fashion Pada Pelengkap Busana

Wuri Handayani, Mira Marlianti

Abstract


Penelitian tentang  “Aplikasi Kain Perca Batik Tasikmalaya Melalui Teknik Sulam Dan Kolase Ilustrasi Fashion Pada Pelengkap Busanaini bertujuan untuk membuat varian baru penggambaran desain Ilustrasi Fashion pada pelengkap busana dan pemanfaatan kain perca batik dengan teknik sulam dan kolase khususnya menggunakan perca kain batik dari Tasikmalaya yang dikenal dengan beragamnya motif batik yang memiliki kekhasan budaya Jawa Barat yang kaya nilai tradisi dan kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplorasi, perancangan dan perwujudan dengan pendekatan estetika. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi bagi masyarakat luas, dengan memperkenalkan penggambaran Ilustrasi Fashion pada pelengkap busana melalui upaya pelestarian budaya dengan mengkaji karakteristik batik yang mengangkat tradisi budaya lokal dengan pendekatan aspek estetis.Latar belakang lokasi penelitian adalah Tasikmalaya sebagai salah satu daerah yang memiliki keragaman budaya dan daerah penghasil kain batik yang memiliki kekayaan motif.  Keindahan Motif batik Tasikmalaya, tidak hanya memiliki nilai estetika saja, namun juga mengandung nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal.


Keywords


Aplikasi, Perca, Pengembangan, Ilustrasi Fashion, Kolase, Batik Tasikmalaya.

Full Text:

PDF

References


Budiono, dkk. (2008), Kriya Tekstil – Untuk SMK, Jilid I. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Drudi, Elisabetta ‘Kuky’and Paci, Tiziana. (2001), ‘Figure Drawing for Fashion Design’, New Edition Revised, Expanded, Updates, The Pepin Press in America and Singapore.

Gustami, Sp, (2004), Proses Penciptaan Seni Kriya “Untaian Metadologis”, Yogyakarta : Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Peospo Goet (2000), Teknik Menggambar Mode Busana, Penerbit Kanisius

Pradito, Didit, dkk (2010). The Dancing Peacock, Colours and Motifs Of Priangan Batik ; Gramedia Pustaka Utama

Suharsono, Hery (2004), Desain Bordir: Motif Batik, Penerbit: Gramedia Pustaja Utama

Website

http://www.vam.ac.uk/content/articles/f/fashion-drawing-in-the-20th-century/7




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/style.v2i1.2566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Style: Jurnal Of Fashion Design  

E-ISSN:2809-0888

Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JFD/index

Editor in Chief: Nofi Rahmanita  

Publisher: Prodi Desain Mode ISI Padangpanjang

Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803