ANALISIS PACING DALAM MEMBANGUN EMOSI PADA FILM JOKER KARYA TODD PHILLIPS
Abstract
Film Joker menceritakan perjalanan Arthur Fleck secara perlahan bertransformasi menjadi Joker. Menelusuri sisi kelam Arthur dan mengungkap tragedi yang membentuknya menjadi Joker. Film yang disutradarai oleh Todd Phillips ini memiliki pacing yang kontras dalam membangun berbagai macam emosi pada filmnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan dan penyajian data pacing menggunakan konsep three act structure untuk menunjukan pengaruh pacing pada setiap plot point dalam film Joker.
Pacing kontras terbentuk dengan menggabungkan pacing cepat dan lambat. Pacing terbentuk melalui rate of cutting, rate of movement dan rate of overall change. Pacing cepat terbentuk melalui rate of cutting dengan banyak frekuensi cutting point membuat durasi shot menjadi pendek. Pacing cepat juga dapat terbentuk melalui rate of movement dengan pergerakan cepat karakter dan kamera pada suatu shot yang menunjukan banyak peristiwa. Pacing cepat membangun intensitas ketegangan, atmosfir yang mencekam dan surprise. Pacing lambat terbentuk melalui frekuensi cutting point yang sedikit, membuat durasi shot menjadi panjang. Pacing lambat juga dapat dibangun melalui rate of movement dengan pergerakan karakter dan kamera yang lambat. Pacing lambat membangun dan memperkuat emosi, dialog yang intens dan suspense pada filmnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung:Pustaka Setia.
Bowen J, Thompson, (2013). Grammar of the edit.Third Edition. Taylor Francis : Focal Press.
Bowen J, Thompson, (2018). Grammar of the edit. Four Edition. Oxfordshire :Routledge.
Dancyger, K. (2011). The Technique of Film and Video Editing. Oxford: Elsevier.
Dancyger, K, Rush Jeff. (2013). Alternative Scriptwriting: Beyond the Hollywood Formula. Burlington: Focal Press.
Field, Syd. (2005). Screenplay: The Foundations of Screenwriting. New York : Delta.
Owens, J.Millerson. (2012), Video Production Handbook.5th Edition. Oxford: Focal Press.
Pratista, Himawan. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Pratista, Himawan. (2017). Memahami Film. (edisi kedua). Yogyakarta: Montase Press.
Pearlman, Karen. (2009). Cutting Rhythms Shaping the film edit. Burlington: Focal Press.
Reisz, K., & Millar, G. (2010). The Technique of Film Editing (2nd New Edition). Burlington : Focal Press.
Sudaryanto, (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Skripsi & Jurnal :
Cahyana, Ryandikka. 2020. Pacing Lambat Dalam Editing Film Jendela Sebagai Penguat Unsur Dramatik. Insitut Seni Indonesia Surakarta.
Dizianto, Fitro. 2019. Penerapan Ritme Editing Membangun Struktur Dramatik Film Pendek “Lila” Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Suardi. 2023. Analisis Cutting Rhythm Dalam Tensi Dramatik Film KERAMAT (2009) SUTRADARA MONTY TIWA. Insitut Seni Indonesia Padangpanjang.
Yogaprayuda,Yohanes., Risang, R.M. Widihasmoro. (2021) Rate Of Cutting :Sebagai Metode Untuk Menikatkan Tempo Dalam Film Pencalin Cahaya, IMAJI: Film, Fotografi,Televisi Dan Media Baru,13(13) ,106 – 108.
Webtografi,
Hullfish, Steve. 2019. ART OF THE CUT with “JOKER” editor, Jeff Groth.
https://www.provideocoalition.com/aotc-joker.
Baker, Martin. 2019. The Joker: Interview with editor Jeff Groth.
https://filmvideoandvirtualreality.wordpress.com/2019/10/11/the-joker-interview-with-editor-jeff-groth.
StudioBinder. 2021. Joker Murray Scene Breakdown — Tension and Release in a Mind-Blowing Climax.
https://www.youtube.com/watch?v=Xg2TUsTUvaM&t=7s&ab_channel=StudioBinder.
Vanity Fair. 2019. Joker Director Breaks Down the Opening Scene | Vanity Fair.
https://www.youtube.com/watch?v=awoQuVq2yYc&ab_channel=VanityFair
Warner Bros. Entertainment. 2020. Joker | Behind The Scenes with Joaquin Phoenix and Todd Phillips | Warner Bros. Entertainment.
https://www.youtube.com/watch?v=cLVNJ50vCDI&ab_channel=WarnerBros.Entertainment
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cl.v3i1.4319
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/cl.v3i1.4319.g2276
Cinelook: Journal of Film, Television, and New Media
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JFTNM/indexEmail: prodi.televisi2@gmail.com | Support Contact Email: prodi.televisi2@gmail.com
Editor in Chief: Wahyu Nova Riski, S.Sn., MGMC | Managing Editor: Hery Sasongko, S.Sn., M.Sn
Publisher: Program Studi Televisi dan Film ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803