Representasi Kesenian Dikia Baruda Di Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Pada Komposisi Musik “Ma Ayun”

Anggi Fernando, Admiral Admiral, Jhori Andela, Yurnalis Yurnalis

Abstract


Dikia Baruda merupakan salah satu bentuk kesenian bernuansa Islam, berupa amalan zikir yang dibawakan secara ritmis yang hidup dan berkembang di Nagari Andaleh Baruah Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Kesenian Dikia Baruda ditampilkan pada acara-acara besar Islam dan acara adat lainnya, biasanya dibawakan secara arak-arakan dan juga sambil duduk tergantung konteks acara dan dimainkan oleh 10-15 orang. Dikia Baruda memiliki beberapa repertoar diantaranya Maulay, Perayaan, Salamin Jamin, dan Dini Hari. Pada repertoar Salamin Jamin terdapat keunikan pada melodi vokal yang berombak dan pola rebana yang bersifat repetitif, dari analisis tersebut berdasarkan pada formulasi formulasi penciptaaan komposisi musik, maka repertoar Salamin Jamin menjadi sebuah ide untuk membuat sebuah komposisi musik baru yang bersumber dari kesenian Dikia Barudah khususnya pada repertoar Salamin Jamin, sekaligus memberikan pemahaman bahwa seni tradisi dapat dijadikan sebagai sumber penggarapan karya baru yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Penciptaan komposisi musik ini dilakukan melalui pendekatan tradisi dengan beberapa teknik pengolahan/penggarapan. Data yang digunakan untuk mewujudkan ide/gagasan berdasarkan studi lapangan berupa observasi, eksplorasi, penyiapan bahan, perwujudan. Data lain diperoleh dari rekaman audio, perpustakaan berupa buku penelitian terdahulu, dan arsip dari daerah setempat terkait kesenian Dikia Baruda, sehingga karya yang dilahirkan tetap berpijak pada nilai nilai tradisi namun lahir dengan kebaruannya.

Keywords


Dikia Baruda; Tradisi; Komposisi; Melodi vokal dan pola rebana

Full Text:

PDF

References


Alfarisi, Salman. 2022. Komposisi karawitan “Baguguah”. Laporan Karya Seni. Padangpanjang. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Dani, Ilham. 2021. Komposisi karawitan “Maindang Tigo Batikai”. Laporan Karya Seni. Padang panjang. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Hardjana, Suka (2003). Coret-coret Musik Kontemporer Dulu dan Kini.

Mirnawati (2021). Komposisi karawitan “Senandung Ngalun”

Sukerta, Panda Made (2011:57) Metode penyusunan karya musik (sebuah alternative)

Sutikno, Niko. 2020, Komposisi karawitan “Guguah Nyinyiak”. Laporan Karya Seni. Padang panjang. Institut Seni Indonesia PadangPanjang.

Supanggah, Rahayu. 2007. “Bothekan Karawitan II” Garap. Surakarta: ISI Press Surakarta.

DAFTAR INFORMAN

Mahwil (43 Tahun) Petani, Seniman Tradisi

Baruah Bukik

Marjunas (61tahun), Petani, Seniman Tradisi,

Andaleh




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jmen.v4i1.4221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitors

Flag Counter