Reviewing the Musical Talents of Class X Students of SMA Negeri 3 Padang Panjang, West Sumatra Province Through the Baju Kuruang Song Music Ensemble Training
Abstract
ABSTRAK
Pelatihan ensambel musik lagu Baju Kuruang merupakan suatu proses musikal untuk meninjau bakat musik siswa kelas X di SMA3 Padangpanjang Sumatera Barat. Pengukuran kemampuan siswa yang dapat diartikan sebagai tahapan dalam melihat minat siswa atas pelajaran seni musik di sekolah. Untuk melihat bakat siswa tersebut pelatihan ensambel musik dari lagu yang berjudul lagu Baju Kuruang dijadikan sebagai salah satu media dalam melihat perkembangan bakat siswa di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan yaitu action research. Hasil dari pelatihan ensambel musik lagu Baju Kuruang yang dilakukan di SMA 3, ada beberapa siswa memiliki bakat dengan kemampuan yang baik dalam memainkan musik dan ada pula yang sedang.
Kata Kunci: Bakat ; siswa ; ensambel ; musik ; baju kuruang.
ABSTRACT
The training for the Baju Kuruang song music ensemble is a musical process to review the musical talents of class X students at SMA 3 Padang Panjang, West Sumatra. Measuring students' abilities can be interpreted as a stage in seeing students' interest in music and art lessons at school. To see the talent of these students, the music ensemble training of the song "Song of Baju Kuruang" was used as one of the media to see the development of students' talents in high schools. This study uses a qualitative research method with an action research approach, namely Action Research. As a result of the Baju Kuruang song music ensemble training conducted at SMA 3, some students had talent with good abilities in playing music and some were moderate.
Keywords: Talent ; student ; ensemble ; music ; fewer clothes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firman. 2018. Perubahan Kebudayaan dan Perkembangan Musik Pop Minangkabau Di Indonesia. Padang : researchgate jurnal.
Harisatul, L. H. 2016. “Peningkatan Keterampilan Bermain Musik Ansambel Melalui Aransemen Lagu Daerah Nusantara Pada Kelas VIII”. Institut Seni Indoneisa Denpasar : Skripsi.
Ikhlas, Enggi Maihendra. 2018. Pembelajaran Ansambel Musik di SMA Negeri 1 Painan. Padang : ejournal.
Indonesia. 2003 Undang-Undang Republik. "Sistem Pendidikan Nasional." Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Julia, J. 2017. Pendidikan Musik: Permasalahan dan pembelajarannya. UPI, Sumedang Press.
Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Saputra, D. N. 2020. Penerapan Flipped Classroom Pada Pembelajaran Teori Musik Di Prodi Pendidikan Musik. Pedagogia, 18(3).
Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9 (2), 57-65.
Suryadi (2011) ‘Asbon Madjid: Nahkoda Campin Orkes Gumarang’, Harian Singgalang.
Wibawa, S. (2012) ‘Penelitian Tindakan Kelas’, FBS UNY.
Zakariah, M. A. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Developmen (R n D). Publikasi IAIN Batusangkar.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/scoring.v1i1.3638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077
Email: musikfilm@isi-padangpanjang.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.