Pembelajaran Lagu Kampuang Nan Jauah Di Mato Dalam Bentuk Ansambel Gitar Di SMA Xaverius Bukittinggi

Avigdor Rahalani

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh keinginan untuk mengaktifkan kembali kegiatan kesenian musik dan memberikan sebuah pengetahuan tentang teknik-teknik pembelajaran ansambel gitar yang sudah tidak diterapkan lagi di SMA Xaverius Bukittinggi. Kegiatan ini melibatkan 5 orang siswa SMA Xaverius Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research (tindakan) yaitu penelitian kolaboratif oleh partisipan dalam ilmu sosial dan pendidikan untuk memperbaiki pemahaman dan pelaksanaan pekerjaannya sendiri, dan juga membawa dampak pada lingkungan di sekitarnya. Dalam pengumpulan data menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart berupa model spiral yang di dalamnya terdapat Siklus I dan Siklus II. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan dan metode eksperimen. Hal yang diperoleh dari hasil pembelajaran lagu Kampuang Nan Jauah Di Mato dalam bentuk ansambel gitar di SMA Xaverius Bukittinggi adalah siswa-siswa mendapatkan pengetahuan musik khususnya dalam bentuk ansambel, siswa-siswa juga sudah mampu memainkan dan mempertunjukan ansambel gitar dengan benar.


Keywords


Kata Kunci: pembelajaran, ansambel, gitar, lagu.

Full Text:

PDF

References


Arry Kurniawan. (2017). “Metode Pelatihan Bermain Ansambel Pianika Di SD Negeri 16 Parabek Bangkaweh”. ISI Padangpanjang, Padangpanjang.

Siregar, Eveline and Hartini, Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Febriyola Aulia. (2020). “Pembelajaran lagu When Im Gone Dalam Bentuk Paduan Suara Diiringi Gitar dan Gelas Plastik Di SMA Excellent NurulIkhlas”. ISI Padangpanjang, Padangpanjang.

Rooksby, Rikky. (2007). Arranging Songs: How to Put the Parts Together. United Kingdom: Bacbeat Books.

Septi Haryono. (2012). “Metode Pendidikan Gitar Classic Purwa Caraka Musik Studio Padang”. ISI Padangpanjang, Padangpanjang.

Hadi, Sutrisno. (2004). Metodelogi Research.Jilid 2. Yogyakarta: Andi.Offset.

Piston, Walter. (1959). Harmony. London: Profesor Of Music, Harvard University.

Yanicho Eka Putra. (2019). “Pembelajaran Lagu Rock Bergema Dalam Bentuk Ansambel Musik Campuran Di Sanggar Puti Sijunjung”. ISI Padangpanjang, Padangpanjang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/scoring.v1i2.3860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: musikfilm@isi-padangpanjang.ac.id

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.