Blues Of Sampelong
Abstract
Abstrak
Komposisi musik Blues of Sampelong adalah komposisi musik yang berangkat dari unsur musikal musik tradisional Minangkabau yaitu Sampelong. Unsur musik yang utamanya nada, dipadukan dengan gaya musik blues. Untuk mewujudkan itu, metode komposisi yang digunakan pada penggarapan musik ini adalah merujuk pada apa yang dikemukakan olah Alma M. Hawkins. Metodenya terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap eksplorasi, tahap eksperimen dan tahap pembentukan. Tujuan dari penggarapan komposisi musik dengan metode ini adalah terciptanya kombinasi rasa baru suatu komposisi musik untuk orkestra atas paduan kesenian tradisional Minangkabau yaitu Sapelong dengan gaya musik blues. Hasil dari komposisi musik diberi judul Blues of Sampelong, di dalam komposisi bentuk musik tiga bagian ini, dengan berbaurnya rasa dari nada-nada sampelong dengan gaya blues memberikan nuansa baru yang unik untuk Orkestra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfalah. (2003). Long-Long Sampelong. Laporan Karya Seni. STSI Padang Panjang. Padang Panjang.
Aluna, A. (2020). The New Sound of Sampelong Batu Putiah (Music Composition for Orchestra). Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Padang Panjang
Arifin Adam, Boestanul. (1997). Seni Musik Klasik Minangkabau. ASKI Padang Panjang. Padang Panjang.
Banoe, Pono, 2003, Kamus Musik, Yogyakarta: kanisius.
Darlenis, Tety. Sampelong dalam Perspektif Budaya Musik Minangkabau. Dalam Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran, dan Kajian Tentang Bunyi. (Online) Vol 2, No 1 (2002).
Dary, Mohammad. Kubang Balombak: Dendang Sampelong Dari Nagari Talang Maua Sebuah Proses Transformasi Budaya, Ikonik Jurnal Seni dan Desain, Volume 4, Nomor 1 Januari 2022
Enida, Delfi. (1997). Fantasia "Kubang Balambak” Untuk Paduan Suara. Skripsi. ISI Yogyakarta. Yogyakarta.
Kadir, M. (1987). Sampelong Sebuah Alat Karawitan Minangkabau. Laporan Penelitian. ASKI Padang Panjang. Padang Panjang.
Karl-Edmund Prier, S. J. (1996). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Kennedy, J. (2016). Sampelong Blues in Rondo Form. ISI Padangpanjang: Padangpanjang.
Kusumawati, Heni. 2004, Komposisi Dasar. Yogyakarta, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.
Niyat. (1990). Studi Deskriptif Penyajian Musik Tradisional Minangkabau Musik Vokal Logu Sampelong. Skripsi. UNIMED. Medan.
Persichetti, V. (1961). Twentieth-century harmony: creative aspects and practice.
Stein, Leon. (1969). Structure and Style. New York: Alfred Music.
Yoka, B. A. (2020). Eksplorasi Bunyi Sampelong Menggunakan Digital Audio Workstation (Daw) dan Virtual Studio Technology (VST). ISI Padang Panjang. Padang Panjang.
Darmawan, Irfan. (2018), Musik Blues Sebagai Media Ekspresi Kepuasan Batin Komunitas Blues Brothers Solo Skripsi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/scoring.v2i2.3861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077
Email: musikfilm@isi-padangpanjang.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.