KARYA TARI MAACAK-ACAK LACAK INTERPRETASI DARI PROSES PEMBUATAN BALANGO DI GALOGANDANG TANAH DATAR.

Hendro Saputra

Abstract


ABSTRAK

Karya tari Macak – acak Lacak terinspirasi dari proses pembuatan balango yang ada di nagari Galogandang Tanah Datar. Dalam pembuatan balango adanya beberapa proses mulai dari proses mairiek , marameh, pembentukan,pencetakan penjemuran serta pembakaran. Dalam karya Macak-acak Lacak pengkarya tertarik pada proses mairiek , marameh,  dengan kekuatan pada kaki,tangan dan pundak. Fenomena ini diinterpretasikan menjadi sebuah karya tari yang diekspresikan lewat medium gerak berdasarkan pada pola pikiran,perasaan dan imajinasi yang di komunikasikan melalui tubuh. Pengembangan gerak berpijak pada gerak mairiek , marameh yang dikembangkan melalui metode Alma M Hawkins yaitu observasi, eksplorasi, improvisasi, pembentukan dan evaluasi sesuai dengan konsep garapan. Gerakan yang dilahirkan dalam karya tari  Macak – acak Lacak . Fokus pada kekuatan kaki dan tangan saat melakukan proses mairiek. Marameh. Karya ini ditarikan oleh Sembilan orang penari yang terdiri dari empat penari laki-laki dan lima penari perempuan. Karya ini menggunakan properti balango yang dimainkan dengan atraktif oleh penari. Karya ini digarap dengan tema budaya dan tipe murni.


Keywords


Kata Kunci : Maireik, Marameh dan tari kelompok

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali Sukri. 2012.” Tanah Tepi. Laporan Karya. Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Blansing, B., Puttke. M., and Schack, T. 2010. “The Neurocognition of dance, mind, movement, and motor skils”. New York: Psychology Press

Elisabeth dan Jane. 1989. Keramik Lengkap Dengan Teknik Dan Rancangannya. Yogyakarta: Dahara Prize.

Elly M. Setyadi. 2007. Ilmu sosial budaya. Bandung

Ida Bagus Brata. 2016. “ Kearifan Budaya Lokal Praktek Identitas Bangsa”. Jurnal.Vol 05, No 01.

Idun Ariastuti. 2006. “Wuwung Diawang Awang. Laporan Karya”. ISI Yogyakarta.

Michlows, Kevin. 2020. Arts And Stage Terjemahan Dani Yudhadja. Seni Dan Panggung. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Oki Satria. 2020. “Babaliak”. Laporan Karya. Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Smith, Jacqueline. 1985. Komposisi Tari Sebuah Pertunjukan Praktis Bagi Guru. Terjemahan Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti.

Wayan Dibia. 2006. Tari Komunal. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.

Y. Sumandiyo Hadi.2005. Sosiologi Tari. Jogyakarta : Pustaka.

________________.2012. Koreografi Bentuk Teknik dan Isi. Jogjakarta: Pustaka Kencana.

________________. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi, Yogyakarta: Elkaphi.

________________. Menciptakan Lewat Tari (terjemahan dari Hawkins, Alma M. Creating Through Dance). 2003. Yogyakarta: Manthili Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v10i1.3072

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v10i1.3072.g1705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats