PENCIPTAAN KOMPOSISI MUSIK KARAWITAN “NGANDUN”

Yolanda Reliansya, Asep Saepul Haris, Firman Firman

Abstract


“Ngandun” merupakan karya komposisi baru yang berangkat dari rasa musikal yang berbeda antara pola sweri dan tamatam pada kesenian Tabot Bengkulu yang dijumpai pada kegiatan prosesi malam menjara. Dalam penggarapan komposisi “Ngandun” terjadi eksplorasi terhadap musik tradisi, dengan melakukan pengolahan menjadi tekhnik-tekhnik musik konvensional dan penggabungan pengolahan sumber tradisi secara lebih leluasa terjadi pengolahan terhadap materi musikal sweri dan tamatam, baik melalui pengembangan bunyi, tempo terikat dengan sumber tradisi.

 


Keywords


Penciptaan, komposisi, sweri, tamatam, malam menjara, tradisi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Haque, Zely Marissa. 2009 “perkembangan Musik Dol di Kota Bengkulu”, Skripsi. STSI Padangpanjang.

Hardjana, Suka. 2003 “Corat – Coret Musik Kontemporer Dulu dan Kini”. Jakarta, Ford Foundtation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia: 2003.

Nagawa, Shin. 2000. Musik dan kosmos: Sebuah pengantar Etnomusikologi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fernandez, Remy Juliant. 2010 “Sentak Irama Kemenangan” laporan karya. ISI Padangpanjang.

Haque, Zely Marissa. 2012 “Menuju Esensi Tabot”, laporan karya. ISI Padangpanjang.

Febrian, Rayhan Redha. 2014 “Muka Beda Rupa”, laporan karya. ISI Padangpanjang.

Sy, Syiafril, A. Ir. “Buku Putih Tabut Bencoolen”. Bengkulu : 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v4i1.451

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v4i1.451.g311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats