METODE PEMBELAJARAN TARI UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA DINI DI SANGGAR PUTI JUNJUNG

Sisca Angelia Wardhini, Surherni Surherni, Hardi Hardi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Melalui Seni Tari Di sanggar Puti Junjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis yaitu menjelaskan serta menganalisis hal-hal yang terkait dengan meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori percaya diri yang dikemukakan oleh Novi Mulayani, selanjutnya teori kreativitas yang dikemukakan oleh Munandar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua metode pembelajaran tari yang diterapkan oleh pelatih sanggar Puti Junjung dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini yaitu metode imitatif dan metode kreatif. Metode imitatif merupakan pelaksaan atau peniruan gerak sudah dibakukan sedangkan metode kreatif adalah pelaksanaan gerak berdasarkan eksplorasi dan penemuan gerak individu.

Keywords


Seni Tari, Rasa percaya diri anak usia dini, Sanggar Puti Junjung

Full Text:

PDF

References


Ahmad Dzikran. 2018. Jadilah Diri

Sendiri Panduan Membangun

Pribadi Berkarakter dan Percaya Diri. Jakarta: Penerbit Gemilang.

Ahmad Susanto. 2018. Pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Ai Sutini. 2012. Pembelajaran Tari Bagi

Anak Usia Dini. Ckrawala Dini.

Vol 3,No 2. Ejournal.upi.edu. 22 Maret 2020.

Anderson, Lorin W dkk. Terjemahan

Agung Prihantoro. Kerangka

Landasan Untuk Pembelajaran,

Pengajaran, Dan Asesmen Revisi

Taksonomi Pendidikan Bloom..

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chairinniza Graha. 2007. Keberhasilan

anak Tergantung Orang Tua.

Jakarta:Elex Media Komputindo.

Hasnah Sy. 2010. Pengetahuan Tari.

Padangpanjang: Puslit & P2M ISI.

Masganti dkk. 2016. Pengembangan

Kreativitas Anak Usia Dini.

PerdanaPublishing.

Novi Mulyani. 2019. Mengembangkan

Kreativitas Anak Usia Dini. PT

RemajaRosdakarya.

____________.2016.Pendidikan Seni Tari

Anak Usia Dini.Yogyakarta: PenerbitGava Media.

Retno Tri Wulandari. 2017.

Pembelajaran Olah Gerak Dan

tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan

Apresiasi Seni Bagi Anak Usia

Dini. Jurnal Paud. Lib.um.ac.id. 3

Maret 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v10i2.5294

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v10i2.5294.g2062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats