STRUKTUR TARI LURAH KINCIA DI NAGARI SITUJUAH BATUA

DIANA KHAIRLANI, SURHERNI SURHERNI, A A CITRAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas Struktur Tari Lurah Kincia di Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian adalah  penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yaitu seluruh data yang diperoleh baik data lapangan dihimpun dan dijabarkan kemudian di analisis sesuai dengan permasalahan penelitian yang telah dirumuskan. Teori yang digunakan adalah teori struktur dan bentuk yang dikemukakan oleh Y. Sumandyo Hadi dan Soedarsono.  Objek penelitian tari Lurah Kincia yang difokuskan pada tari Lurah Kincia di Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tari ini memiliki 7 motif gerak. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa tari ini memiliki 7 motif gerak. Gerak yang dimaksud adalah gerak bajalan sairiang, gerak manurun lurah, gerak maambiak padi, gerak manampi padi, gerak bamain basamo, dan gerak baparang.


Keywords


Tari Lurah Kincia; Struktur; Masyarakat Nagari Situjuah Batua

Full Text:

PDF

References


Y. Sumandiyo Hadi. 2007. Kajian Tari Teks Dan Konteks Yogyakarta; Pustaka Book Publisher

Koreografi Bentuk –Teknik Isi.Yogyakarta: Ciptamedia.

Soedarsono. 1992. Pengantar Apresiasi Seni, Jakarta; Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Robby Hidayat. 2008. Seni Tari Pengantar Teori dan Praktek Menyusun Bagi Guru. Malang: Jurusan Seni & Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.829

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.829.g546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats