PENGAPLIKASIAN AUDIO SAMPLING PADA PERTUNJUKAN MUSIK MULTIMEDIA DALAM KARYA BANDUNG LAUTAN API

Isra Wahyudi

Abstract


Karya ini terinspirasi dari peristiwa sejarah yang terjadi pada sebuah peperangan di Provinsi Jawa Barat, yang dijadikan menjadi lagu Bandung lautan Api. Sejarah mencatat, bahwa terdapat hingga ratusan ribu rakyat yang tinggal di kota Bandung mengungsi ke pegunungan setelah aksi membakar kota guna menghindari dipergunakannya kota oleh penjajah. Pengkarya menghadirkan suasana perang dengan menggunakan perangkat multimedia berupa software dan hardware, karya ini pada dasarnya adalah eksplorasi dan eksperimen dari suara-suara yang sudah diolah, dimana bahan bakunya bersumber dari suara Virtual Sound Tecnology (VST) dengan menggunakan Ableton live sebagai wadah pengolahannya.

Keywords


Bandung Lautan Api, Virtual Sound Technology (VST), Ableton live.

Full Text:

PDF

References


Art and Communication. 2011. The Turkish Online Journal of Design,- Volume 1: TOJDAC Ben M, Pasaribu. 2006. Musik populer di Indonesia. Cipriani, Alessandro dan Giri, Maurizio. Electronic Music and Sound Design vol.2 (English version) 5.1 Digitl sound. Harjana, Suka. 2003. CORAT-CORET MUSIK KONTEMPORER DULU dan KINI. Jakarta: kerjasama Ford Fondation & Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Jamalus. 1998. PENGAJARANMUSIK MELALUI PENGALAMAN MUSIK, Jakarta: Departemenpendidikandan Kebudayaan. Musfiya, Arslan. 2011. Home recording. Dunia Komputer Jakarta Stain, Leon. 1976. Structure & Style-The Study and Analysis Of Musical Forms. New York – USA: Appleton Century. Suryajaya, Martin. 2016. SEJARAH ESTETIKA: Era Klasik Sampai Kontemporer. Gang Kabel. Jakarta. Suryajaya, Martin. 2016. SEJARAH ESTETIKA:ERA KLASIK SAMPAI KONTEMPORER. Jakarta: Gang Kabel.

Sumber lain: Zain, Arfa. 2015. War of Imajination World. Zelvi, Zahra. 2016. Ilustrasi Nina Bobo. Amri, Iran. 2010. Noice Ambiance.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i2.931

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i2.931.g482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats