Interpretasi Penyaji Solis Violin pada Pertunjukan Concerto No 1 In A Minor, Liebesleid dan Batanghari

Seprizal Seprizal, Nora Anggaraini, Murniati Murniati

Abstract


This article is an article that describes how a violin soloist performs a musical performance and interprets the karaya that is played. The repertoire played in the show is Concerto No. 1 in A minor, Liebesleid, and Batanghari. The presenter dissects the interpretative aspects of playing the work so that a good musical performance is realized. This journal aims to provide an overview of the application of techniques and interpretations of violin solo play in the repertoire of Concerto No. 1 in A minor, Liebesleid, and Batanghari. The techniques used are; rubato, arpeggio, staccato, rhythm variation, vibrato, staccato, legato, and shifting. Execution of expression marks in notations such as; Ritardando, Con Espresso, Con Sentiment, and Poco Meno Mosso are studied to find the right way to play them. Each work has different characteristics and levels of difficulty, so it is very important to do interpretive research on the work before performing. The method used in the performance is related to how the music presenter designs the performance, the rehearsal process, and the techniques used to carry out the execution of the work..
Keywords: Violin Solist; Aplication of Techniques; Interpretation

ABSTRAK
Artikel ini merupakan tulisan yang menggambarkan bagaimana seorang solis violin melakukan pertunjukan musik dan interpretasi terhadap karaya yang dimainkan. Adapaun repertoar yang dimainkan dalam pertunjukan adalah Concerto No. 1 in A minor, Liebesleid, dan Batanghari. Penyaji membedah aspek-aspek insterpretatif dalam memainkan karya sehingga terwujud sebuah pertunjunkan musik yang baik. Jurnal ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapkan teknik dan interpetasi permainan solis violin pada pertunjukan repertoar Concerto No. 1 in A minor, Liebesleid, dan Batanghari. Adapun teknik-teknik yang digunakan adalah; rubato, arpeggio, staccato, rhythm variation,vibrato, staccato, legato, dan shifting. Eksekusi terhadap tanda ekspresi dalam notasi seperti; ritardando, con espresso, con sentiment, dan poco meno mosso dikaji untuk ditemukan cara yang tepat dalam memainkannya. Setiap karya memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga sangat penting untuk melakukan research interpretatif terhadap karya sebelum melakukan pertunjukan. Metode yang digunakan dalam pertunjukan adalah terkait bagaimana pernyaji musik merancang pertunjukan, proses latihan, dan teknik-teknik yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap karya.
Kata Kunci: Solis Violin; Penerapan Teknik; Interprestasi


Keywords


Solis Violin; Penerapan Teknik; Interprestasi

Full Text:

PDF

References


Arrahman, Y. (2021). Teknik Dan Interpretasi Concerto In G Minor 1st Movement For Violin Karya Antonio Vivaldi. 1.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta.: Kanisius.

Fischer, S. (1997). Basics: 300 Exercises and Practice Routines For the Violin. London: Das Exakte Erschein.

Kamien, R. (1988). Music and Apreciation atau Pendekatan Sejarah Musik 2 Melalui Apresiasi Musik terjemahan Triyono Bramantio. New York: NCGraw-Hill Book.

Kayser, H. E. (1915). Vol. 750 Op. 20 – Elementary and Progressive Studies. New York: Schirmer’s Library of Musical Classics.

Kreutzer, R. (1967). Vol. 230 – Forty two Studies or Caprices For The Violin. New York: Schirmer’s Library of Musical Classics.

Prier Sj, K. E. (1993). Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Supriando, S. (2016). PERTUNJUKAN MUSIK GRANDE OUVERTURE, ASTURIAS, DAN KARAK LILISAN DALAM SOLO GITAR. Puitika, 12(2), 160-175.

SUPRIANDO, S. (2021). 120 ARPEGGIO OP. 1 MAURO GIULIANI: PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS PETIKAN GITAR KLASIK. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(1), 177-191.

Wohlfahrt, F. (2004). Vol. 2046 Op. 45 – Sixty Studies For The Violin. New York: Schirmer’s Library of Musical Classics.

Web

https//www.kurrentmusic.com/blogviewer.html

https://www.britannica.com/art/Landler. diakses 11-12-2020

https://en.schott-music.com/shop/ autoren/jean-baptiste-accolay




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/musica.v1i1.1721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: musica@isi-padangpanjang.ac.id 

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.