Interpretasi Penyaji Solis Violin pada Pertunjukan Concerto in F Minor, Hang Tuah, dan Know You by Heart (Interpretation of the Violin Soloist at the Concerto in F Minor, Hang Tuah, and Know You by Heart Performances)
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai interpretasi penyaji dalam memainkan karya musik, pertunjukan, dan penerapan teknik-teknik permainan violin sebagai seorang solis pada repertoar Concerto in F Minor (Winter) Antonio Vivaldi, Hang Tuah karya Husni Thamrin, dan Know You by Heart oleh Dave Koz. Adapun teknik-teknik yang dipakai dalam penyajian karya-karya tersebut antara lain; arpeggio, staccato, legato, acciaccatura, appoggiatura, dan expression. Setiap karya memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda baik dari aspek gaya, zaman, dan komposer. Selain itu, eksplorasi penerapan teknik yang diperoleh dari proses latihan individu menggunakan etude juga sangat dibutuhkan untuk pencapaian interpretasi dalam penerapan ekspresi terhadap karya. Interpretasi terhadap karya yang dimainkan menjadi penting agar tercipta sebuah pertunjukan yang baik. Metode yang gunakan dalam artikel ini adalah metode deskriftif interpretatif, yaitu menjabarkan secara nartif, bagaimana seorang pemain musik melakukan interpretasi terhadap karya musik yang dimainkan. Hasil yang diperoleh dalam artikel ini adalah interpretasi penyaji dalam memainkan repertoar Concerto in F Minor (Winter), Hang Tuah, dan Know You by Heart.
ABSTRACT
This article aims to provide an overview of the interpretation of the presenter in playing musical works, performances, and the application of violin playing techniques as a soloist in Antonio Vivaldi's repertoire of Concerto in F Minor (Winter), Hang Tuah by Husni Thamrin, and Know You by Heart by Dave Koz. The techniques used in the presentation of these works include; arpeggio, staccato, legato, acciaccatura, appoggiatura, dan expression. Each work has different characteristics and levels of difficulty, both in terms of style, age, and composer. In addition, exploration of the application of techniques obtained from the process of individual practice using etude is also very much needed for the achievement of interpretation in the application of expression to the work. Interpretation of the work played is important in order to create a good show. The method used in this article is an interpretive descriptive method, which describes in a narrative way how a musician interprets the piece of music being played. The results obtained in this article are the interpretation of the presenters in playing the repertoire of Concerto in F Minor (Winter), Hang Tuah, and Know You by Heart.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Egi, Muhammad., Supriando., & A. (2021). Interpretasi Repertoar Danzas Espanolas Op.37, Concerto De Aranjuez, Aek Sekotak, dan Moliendo Café pada Pertunjukan Gitar (Interpretation of the Repertoire of Danzas Espanolas Op.37, Concerto De Aranjuez, Aek Sekotak, and Moliendo Café on Guitar performa. MUSICA : Journal of Music, 1(2), 128–139.
Hermeren, G. (2001). The full voic’d quire: types of interpretation of music. In Krausz, M. (eds). The Interpretation of Music. New York: Oxford University Press.
Kayser, H. E. (1915). Vol. 750 Op. 20 – Elementary and Progressive Studies. New York: Schirmer’s Library of Musical Classics.
Mack, D. (1995). Apresiasi Musik-Musik Populer. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
Mc Neill, R. J. (1998). Sejarah Musik 1. Yogyakarta: Gunung Mulia.
Prier Sj, K. E. (1993). Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Seprizal., Anggaraini, Nora., & Murniati. (2021). Interpretasi Penyaji Solis Violin pada Pertunjukan Concerto No 1 In A Minor, Liebesleid dan Batanghari. MUSICA : Journal of Music, 1(1), 65–73.
Supriando, S. (2021). 120 ARPEGGIO OP. 1 MAURO GIULIANI: PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS PETIKAN GITAR KLASIK. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 177–191.
Supriando, S. (2022). Strategi Pengembangan Bakat Siswa Menghadapi Kompetisi FLS2N Cabang Solo Gitar di SMAN 1 Bukitinggi. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 6(1), 23–46.
Wellek, Rene., Warren, A. (1989). Theory of literature. Teori kesusasteraan / Rene Wellek & Austin Warren ; di Indonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wohlfahrt, F. (2004). Vol. 2046 Op. 45 – Sixty Studies For The Violin. New York: Schirmer’s Library of Musical Classics.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/musica.v2i1.2319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077
Email: musica@isi-padangpanjang.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.