Struktur Musik Hadroh oleh Kelompok Darus Sakinah Kertapati-Palembang (The Structure of Hadroh Music by Darus Sakinah Kertapati Group-Palembang)

Riska Sanda, Silo Siswanto

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan struktur musik Hadroh oleh Kelompok Darus Sakinah Kertapati-Palembang. Kesenian Hadroh merupakan kesenian yang bernuansa islami yang berasal dari wilayah Timur Tengah, dalam pertunjukannya menggunakan alat musik perkusi sambil melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kesenian Hadroh Darus Sakinah merupakan salah satu kesenian yang berkembang di kecamatan Kertapati, kesenian musik Hadroh ini menggunakan alat musik seperti rebana, darbuka, tamborin, dan kendang bass. Lagu yang dinyanyikan mengandung pujian dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, menggunakan bahasa Arab dan sesekali menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur musik Hadroh kelompok Darus Sakinah merupakan struktur lagu tiga bagian yaitu bagian A, A’, B, dan C. ritme yang terdapat dalam lagu Ya Ahmad Habibi menggunakan tanda birama 4/4, dan  melodi yang digunakan hanya bersumber dari vokal, dalam hal ini berarti tidak ada alat musik melodis yang digunakan kelompok Darus Sakinah.

ABSTRACT

This article aims to reveal the musical structure of Hadroh Hadroh by the Darus Sakinah Group. Kertapati-Palembang Hadroh art is an Islamic nuanced art originating from the Middle East region, in its performance using percussion instruments while chanting sholawat to the Prophet Muhammad SAW. Hadroh Darus Sakinah art is one of the arts that developed in Kertapati district, this Hadroh music art uses musical instruments such as tambourines, darbuka, tambourines, and bass drums. The song sung contains praise and sholawat to the Prophet Muhammad SAW, using Arabic and using Indonesian. This research was conducted using qualitative research methods. The results showed that the structure of the Hadroh music of the Darus Sakinah group is a three-part song structure, namely parts A, A', B, and C. The rhythm contained in the song Ya Ahmad Habibi uses 4/4 time signatures, and the melody used only comes from vocals. , in this case it means that there is no melodic musical instrument used by the Darus Sakinah group.


Keywords


Struktur Lagu; Musik Hadroh; Darus Sakinah

Full Text:

PDF

References


Denada, B., & Khatimah, H. (2021). Bentuk Melodi Syair Saleum Pada Kesenian Meusifeut Sebagai Media Dakwah Di Kemukiman Lamteuba Kabupaten Aceh Besar. MUSICA : Journal of Music, 1(1).

FIRMANSYAH, F. (2015). Bentuk Dan Struktur Musik Batanghari Sembilan. Ekspresi Seni, 17(1). https://doi.org/10.26887/ekse.v17i1.68

Miller, H. M. (2017). Apresiasi Musik. Jogjakarta: Panta Rhei Books.

Nirwanto, B. (2015). Musik Hadroh Nurul Ikhwan Di Kabupaten Pemalang: Kajian Aransemen Dan Analisis Musik. UNNES.

Pier. SJ, Edmund, K. (1996). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Supriando, S., Herawati, & Nursyirwan. (2014). ANALISIS MUSIKAL REPERTOAR RARAK GODANG MELALUI TEORI SEMIOLOGI MUSIK: REPERTOAR KEDIDI DAN TIGO-TIGO SEBAGAI MATERIAL. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/musica.v2i1.2578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: musica@isi-padangpanjang.ac.id 

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.