Interpretasi Repertoar Sonata No.1, Dondang Sayang, dan Pagan Part II pada Pertunjukan Gitar (Interpretation of the Repertoire of Sonata No.1, Dondang Sayang, and Pagan Part II on Guitar Performance)
Abstract
ABSTRAK
Repertoar musik dari berbagai era seperti modern, melayu dan popular dikemas kedalam sebuah pertunjukan solis gitar dengan menggunakan kaidah pertunjukan konvensional. Repertoar dalam pertunjukan ini terdiri dari repertoar pada berbagai era. Repertoar pertama dalam pertunjukan adalah repertoar era modern atau pada abad 19 yang berjudul Sonata No.1 dengan komposer Leo Brouwer yang diciptakan pada tahun 1990, karya ini didedikasikan Leo Brouwer untuk Julian Bream. Repertor kedua adalah Dondang Sayang merupakan lagu melayu Negeri Malaka yang diciptakan oleh NN (No Name). Repertoar terakhir adalah Pagan Part II yang diciptakan oleh band Vitalism. Penyaji menginterpretasikan dan menerapkan berbagai teknik seperti arpeggio, tirando, apoyando, harmonic, rasguedo, appogiatura, sweep picking, tapping, bending, hybrid picking dan speed picking untuk mewujudkan sebuah pertunjukan yang baik.
Kata kunci: Pertunjukan; Gitar Klasik; Solis
ABSTRACT
Music repertoire from various eras such as modern, Malay and popular are packaged into a guitar solo performance using conventional performance conventions. The repertoire in this performance consists of repertoires from various eras. The first repertoire in the show was the repertoire of the modern era or in the 19th century entitled Sonata No.1 by composer Leo Brouwer which was created in 1990, this work was dedicated by Leo Brouwer to Julian Bream. The second repertor is Dondang Sayang, a Malay song from the State of Malacca created by NN (No Name). The last repertoire is Pagan Part II which was created by the band Vitalism. Presenters interpret and apply various techniques such as arpeggios, tirando, apoyando, harmonics, rasguedo, appogiatura, sweep picking, tapping, bending, hybrid picking and speed picking to create a good performance.
Keywords: Performance; Classical Guitar; Solis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djergch. (2018). Biografi Vitalism. https://www.last.fm/music/vitalism/+wiki. 31 October 2022 (01:31).
Gallen, R (2019). Review CD. Leo Brouwer : Guitar Sonatas. Guitarfondation.org Soundboard Scholar, 67.
Hermansyah, R. O. (2021). Analisys For Performance: Sonata No.1 Mov. I. Fandangos y Boleros Karya Leo Brouwer. Jurnal penelitian musik, 2(1), 65-81.
Hussain, Azahar (2020). Impak Pengkomersialan Pelancong Seni Dondang Sayang dari Budaya Masyarakat Baba dan Nyonya di Melaka.
Kronenberg, C (2008). Guitar Composer Leo Brouwer: The concept of a’univesal language’. Tempo, 62(245), 43.
Luna, M. (2011). Analisis de la sonata para guitarra de Leo Brouwer. Tesis postitulo Conservatorio Julian Aguirre, Buenos Aires, Argentina.
Muattaqin, Muhammad. 2008. Seni Musik Jilid 1. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Norton, N. (2009). Characterustuc defining the Three Compositional Periods in the Solo Guitar Music of Leo Brouwer. Texto online. Disponível em< http://pt.scribd.com/doc/201120741/L-Brouwer.
Putra, S. (2007). Perkembangan musik progressive metal di kota medan. (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Sumatra Utara, Medan). https://textid.123dok.com/document/yjopg46z-perkrmbangan-musik-progressive-metal-di-kota-medan-skripsi-sarjana.html
Supriando, S. (2021). 120 Arpeggio Op. 1 Mauro Giuliani: Pengaruhnya Terhadap Kualitas Petikan Gitar Klasik. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(1), 177-191.
Supriando, S. (2016). Pertunjukan Musik Grande Ouverture, Asturias, Dan Karak Lilisan Dalam Solo Gitar. Puitika, 12(2), 160-175.
Usop, Ahmad. (2008). Dondang Sayang Seni Tradisi Melaka. Media dan seni warisan melayu serumpun dalamgendang nusantara. Kuala Lumpur: Jabatan Pengkajian Media Universitas Malaya.
Wangsa, C. I., & Susetyo, B. (2017). Ambient Song karya kelompok musik dinding kota kajian tentang proses pembuatan dan pemanfaatan sebagai media meditasi. Jurnal seni musik, 5(2), 11-17.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/musica.v3i1.3471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077
Email: musica@isi-padangpanjang.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.