PERMAINAN TRADISIONAL ANAK NAGARI DALAM FOTOGRAFI KONSEPTUAL

Anniko Syambobi Anidar

Abstract


Permainan tradisional adalah permainan yang dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Fotografi dimanfaatkan untuk mengingatkan kembali permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan. Flashback diartikan sebagai kenangan, dimana dalam karya foto ini penulis mencoba menghadirkan kembali tentang kenangan dari permainan tradisional anak yang pernah penulis mainkan dahulu, dan pernah dirasakan penulis . Konsep kenangan masa lalu ini divisualkan penulis dengan cara menggunakan teknik pengambilan e ye level dan teknik lighting side light . Pena ulismenjadikan fotografi sebagai media untuk menghadirkan kembali kenangan dan bentuk permainan tradisional itu sendiri , t erutama dalam konteks fotografi . Penulis menceritakan pengalaman saat bermain di waktu kecil itu sendiri dari hal yang terdengar sederhana, tetapi didalam ingatan ini terdapat kenangan dan bentuk permainan anak-anak yang saat ini sudah jarang ditemukan . Maka dari itu fotografi sangat berperan penting didalam karya ini, karena dengan sebuah foto seseorang dapat menyampaikan apa yang dirasakan melalui karya foto. Tugas akhir ini berupa fotografi kontekstual yang mengangkat tema tentang flashback penulisdan bentuk dari permainan tradisional anak, yang sudah lama tersimpan dalam ingatan. Proses penciptaan karya ini dilakukan dengan empat tahapan sebagai proses penciptaan karya yaitu persiapan, perancangan, perwujudan dan penyajian karya. Keseluruhan permainan anak dalam memori penulis ini akan di aplikasikan dalam bentuk foto warna hangat membuat suasana karya foto dibawa kedalam masa lalu penulis .

Keywords


Kata Kunci: Flashback, Fotografi Konseptual, Permainan Tradisional Anak Nagari.

Full Text:

PDF

References


Bangsa, 75 pelestari budaya. 2020. Permainan Tradisional Pembentuk Karakter Generasi Emas Indonesia. Surabaya: Pustaka Media Guru.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Irdha Yunianto, S. D. 2021. TEKNIK FOTOGRAFI, Belajar Dari Basic Hingga Profesional. Semarang: Yayasan prima Agus teknik.

Jacobs, Lou. 2007. Professional Children’s Portrait Photograpy: Techniques and Images from Master Photographers (pro Photo Workshop). English: Amherst media.

Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Manurung, Parmonangan. 2009. Desain Pencahayaan Arsitektural. Yogyakarta: CV Andi offset.

Pateda, Mansoer. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Peres, michael R. 2013. The Focal Encyclopedia of Photograpy. English: Taylor & Francis.

Sadono, Sri. 2015. Komposisi Fotografi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santoso, Budhi. 2010. Bekerja Sebagai Fotografer. Jakarta: Erlangga.

Sugiarto, Atok. 2014. Seni Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sumayku, Reynold. 2016. Pada Suatu Foto: Cerita & Filosofi Dalam Fotografi. Bandung: Kaifa Publishing.

Tjin, Enche. 2011. Lighting Itu Mudah! Jakarta: Bukune Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v3i1.3304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.