PROMOSI PARIWISATA BUKITTINGGI DI INSTAGRAM @bukittinggitourism DARI PERSPEKTIF FOTOGRAFI KOMERSIAL
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan foto promosi pariwisata kota Bukittinggi di instagram @bukittinggitourism dari fotografi komersial. Metode penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan analisis data secara deskriptif. Teori yang digunakan dalam menganalisis karya-karya fotografi berdasarkan nilai artistik adalah teori estetika fotografi, teori persuasi visual berdasarkan nilai persuasif. Hasil penelitian ini adalah karya-karya fotografi yang digunakan sebagai foto promosi wisata Bukittinggi di instagram @bukittinggitourism dalam fotografi komersial layak dipecah sebagai karya fotografi komersial berdasarkan aspek fungsional yang berfungsi sebagai foto promosi untuk meningkatkan wisata Bukittinggi, serta memiliki nilai kreatif dan nilai persuasif yang berfungsi sebagai elemen penarik perhatian dalam menampilkan realiatas wisata kota Bukittinggi. Foto promosi di instagram @bukittinggitourism sudah memenuhi kategori fotografi komersial dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan dan saran pengembangan instagram @bukittinggitourism mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dharsito, W., 2015. dasar fotografi digital 2 komposisi dan ketajaman. Jakarta: Kompas Gramedia.
Dr.H.Zuchri Abdussamad.S.I.K., M., 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Enche Tjin, E. M., 2014. Kamus Fotografi. 1 ed. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Messaris, P., 1997. Visual Persuassion : the role of images in advertising. California: Sage Publications,Inc.
Peres, M. R., 2013. The Focal Encyclopedia of Photography. 4 ed. USA: Focal Press.
Saniati, M. A. A. N. A. S. P. D. R. S., 2022. Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING , 6(2), pp. 203-212.
Soejono, S., 2007. Pout-Pourri Fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti.
Wijayanti, A., 2021. Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 02(1), pp. 27-39.
Wiratno, T. A., 2020. Kritik Seni Rupa Berbasis Budaya Kritis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v3i2.3956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Matalensa: Journal of Photography and Media
E-ISSN 2580-2208 | DOI: 10.26887/matalensa
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MTLS/index
Email: matalensa@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Putri Khairina Masta, S.S., M.Si | Managing Editor: Cindi Adelia Putri Emas, S.Sn., M.Sn | Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Program Studi Fotografi kerjasama dengan Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.