Kreasi Kebaya Desainer Bebri Wahyudi Dalam Fotografi Fashion

Raihan Tri Nanda, Ezu Oktavianus, Hartitom Hartitom

Abstract


Fashion berfungsi sebagai fenomena budaya, yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan identitas mereka melalui pakaian. Merek fashion global seperti Dior, Chanel, dan Gucci secara signifikan mempengaruhi perkembangan industri, termasuk di Indonesia, di mana pakaian tradisional seperti kebaya sedang dimodernisasi. Studi ini mengeksplorasi dampak mode global pada kebaya Indonesia dan promosinya melalui fotografi mode komersial. Ini berfokus pada desain kebaya unik oleh desainer dari kota Padang Bebri Wahyudi, yang memiliki ciri khas nya sendiri terutama dalam bentuk pola detail dari payet dan sulaman yang menggambarkan suatu ide dan gagasan. Tujuan penciptaan ini adalah memperkenalkan kreasi kebaya Bebri Wahyudi hingga memberi tambahan pada nilai jualnya serta daya tariknya pada item fashion yang di komersilkan. Proses penciptaan karya ini dilakukan dengan empat tahap sebagai proses penciptaan karya yaitu persiapan, perancangan, perwujudan dan penyajian karya. Keseluruhan kebaya yang diaplikasikan kepada model dengan menggunakan teknik high key dalam fotografi fashion.

Keywords


Fashion Kebaya, Kreasi Kebaya, Fotografi Fashion

Full Text:

PDF

References


Tjin, E., & Mulyadi, E. (2014). Kamus Fotografi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nugroho, R. Amien. (2006). Kamus Fotografi. Yogyakarta: Andi.Kentjaraningrat. 2009. ‘Beberapa Pokok Antropologi Sosial’. PT. Dian Rakyat : Jakarta.

Webtografi

Barnard, M. (2003). Fashion as Communication (2nd ed.). Routledge. Accessed Jan 12, 2024. https://doi.org/10.4324/9781315013084




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v4i2.4541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.