KERAJINAN KERAWANG GAYO KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH

Jusnimalita Jusnimalita, Ferawati Ferawati, Ahmad Bahrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerajinan kerawang Gayo di kampung kerawang Bebesen, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, Propinsi Aceh, meliputi bentuk, fungsi, dan pemasarannya.  Kampung Bebesen memiliki perajin kerawang terbanyak di Aceh.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data deskriptif yang bersumber dari perajin dan pemilik usaha, tokoh masyarakat, dan pemerintah daerah setempat.  Pembahasan dan pemecahan data penelitian dilakukan dengan dukungan teori yang relevan yaitu teori bentuk, dan fungsi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tinjauan pustaka, wawancara, dan dokumentasi.  Perajin kerawang Gayo di kampung Bebesen menghasilkan produk untuk kebutuhan sehari-hari seperti baju kerawang, tas, rok, jilbab, upuh ulen-ulen, pawak, sarung bantal kursi, serta untuk kebutuhan acara-acara adat, bantal didong yang digunakan dalam kesenian didong, payung, dan beragam bentuk cinderamata.  Adapun motif hias yang banyak dijahitkan dalam produk kerajinan di sini yaitu motif emun berangkat, emun beriring, emun mutumpuk, emun mupesir, tapak seleman, bunge ni kapas, puter tali, dan pucuk rebung. 


Keywords


ornament, craft, kerawang Gayo

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2002. “Makna Simbolik Warna dan Motif Kerawang Gayo pada Pakaian Adat Masyarakat Gayo.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Boyd, Walker, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran. Kedua jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Dharsono. 2017. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Ferawati. 2010. “Motif Kerawang Gayo, Busana Adat Pengantin Gayo Aceh Tegah.” Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

———. 2013. “Motif Kerawang Gayo Pada Busana Adat Pengantin Di Aceh Tengah.” Ekspresi: Seni Jurnal Institut Seni Indonesia Padangpanjang 15 (1): 29–39. https://doi.org/10.26887/ekse.v15i1.167.

Moleong, Lexy, J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metedeologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhersono, Hery. 2007. Desain Bordir Motif Geometris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/relief.v2i1.2595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Relief: Journal of Craft is indexed by: