EKSPRESI GORGA ULU PAUNG PADA TOPENG KAYU

Yose Erbento Simanjuntak, sri sundari, ahmad bahrudin

Abstract


Karya dengan judul Ekspresi Gorga Ulu Paung Pada Topeng kayu, Merupakan karya topeng yang fokus terhadap ornamen Gorga Ulu Paung, berlandaskan wujud dan maknanya. Gorga Ulu paung pada rumah Batak Toba berbentuk ornamen dua dimensi, serta penempatan motif Ulu Paung berada di puncak  atap rumah, mengandung makna kuasa, kekuatan, melindungi manusia (penghuni rumah) dari segala ancaman atau maksud jahat dari orang lain. Makna pelindung dalam fenomena sosial menjadi inspirasi bagi pengkarya mewujudkan topeng dengan mengekspresi Gorga Ulu Paung, dapat difungsikan sebagai kostum karnaval.

Dalam proses  perwujudan karya topeng ornamen Gorga Ulu Paung pengkarya melakukan tahap distorsi, disformasi dan eksplorasi hingga dapat menghasilkan sketsa desain yang dibuat pada topeng. Dengan menggunakan teknik ukir rendah (bas relief) pada patung kepala dengan media kayu bayur dan suren dengan  pewarnaan cokelat, merah, putih dan hitam.

Hasil karya topeng yang berjudul. Raja, Ratu, Datu, Begu dan Kepala Suku dengan makna yang terdapat pada budaya Batak Toba

Keywords


Ekspresi Gorga Ulu Paung, Metode Penciptaan, Hasil Karya Topeng.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26887/relief.v3i2.2907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Relief: Journal of Craft is indexed by: