KREASI RANGKIANG PADA PENCIPTAAN KRIYA LOGAM

Muhammad Ikhsan Rafiq, Riswel Zam, Hendra Hendra

Abstract


Kreasi Rangkiang Pada Penciptaan Kriya Logam bersumber dari bentuk rangkiang sebagai tempat penyimpanan padi. Rangkiang yang merupakan bagian dari arsitektur Minangkabau. Bentuknya yang unik dengan keberadaannya saat ini memberi inspirasi dan menjadi dasar dalam penciptaan karya kriya logam. Bentuk dan unsur bangunan rangkiang dengan karakteristik tersendiri diambil tanpa menghilangkan bentuk aslinya. Garapan visual karya merepresentasikan dan menggambarkan serta menyampaikan pesan maupun kondisi serta keberadaan rangkiang saat ini melalui bentuk-bentuk visual yang menggambarkan keberadaan arsitekur yang sudah tua, tidak terawat,terabaikan,bahkan dibiarkan. Kreasi yang dilakukan pada karya dengan Menyusun bentuk rangkiang yang dicor logam yang disusun pada kerangka karya yang udah dibentuk. Rangkiang merupakan salah satu artefak lokal Minangkabau dalam bentuk arsitektur. Yang digunakan sebagai tempat menyimpan padi dan hasil panen lainnya. Bagian arsitekstur Minangkabau rangkiang memiliki bentuk yang menyerupai rumah gadang tetapi dengan ukuran yang lebih kecil, dengan bentuk atapnya terdiri dari dua gonjong berbahan ijuk.


Keywords


kriya, kreasi, kriya logam, budaya minangkabau

Full Text:

PDF

References


Djelantik, A.A.M. 1999, Estetika Sebuah Pengantar , Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Gouzali Saydam, Kamus Lengkap Bahasa Minang, Padang: Sumatera Barat.

Gustami SP, 2007. Butir Butir Mutiara Estetika Timur, Ide Dasar Penciptaan Karya, Yogyakarta: Prasista.

Kartika, Dharsono Sony 2004, Pengantar Estetika, Rekayasa Sains. Bandung.

Marthala, Agusti Efi. 2013, Rumah Gadang Kajian Filosofi Arsitektur Minangkabau. Bandung: Humaniora.

Museum Adityawarman, 1999. Ukiran Tradisional Minangkabau, Padang:Bagian Proyek Permueseuman.

Navis, A.A. 1984, Alam Takambang Jadi Guru, Jakarta: PT Pustaka Grafitipers,

Rahman 2019,” Rangkiang Sebagai Ide Penciptaan pada karya Kriya Logam”, Laporan Tugas Akhir Isi Padangpanjang.

Piyasmi, Afdal 2008,”Rangkiang Sebagai Ide Penciptaan Kriya Lampu Hias Interior Rumah”, Laporan Tugas Akhir, Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Sachari, Agus. 2002, Estetika Makna, Simbol dan Daya. Bandung:ITB.

Susanto, Mikke, 2011. Diksi Rupa Kumpulan istilah dan Gerakan Seni Rupa,Yogyakarta: Dicti Art Lab. Yayasan Sako Batuah, Budaya Alam Minangkabau, 1, SLTP, Padang, 2002.

Sumber internet:

http://yefrichan.wordpress.com/2010/07/22/proses manufaktur pengecoran/




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/relief.v3i1.4439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Relief: Journal of Craft is indexed by: