PERANCANGAN CITY BRANDING KOTA SUNGAI PENUH
Abstract
Perancangan city branding ini digunakan untuk membangun citra baru Kota Sungai Penuh dan mempromosikan Kota Sungai Penuh, sehingga memberikan suatu gambaran pikiran, perasaan, asosiasi dan ekspetasi yang datang dari benak seseorang ketika seseorang tersebut melihat atau mendengar nama atau kata Sungai Penuh. Dengan perancangan city branding Kota Sungai Penuh ini diharapkan terciptanya suatu identitas yang sangat lekat dengan kota Sungai Penuh sehingga memberikan perasaan bangga terhadap masyarakat yang tinggal di Sungai Penuh, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan dapat membedakan Sungai Penuh dengan kota lainnya. Dengan menggunakan metode analisis s.w.o.t maka didapatkanlah citra yang relevan dengan Kota Sungai Penuh, yaitu Kota dengan sebutan Sekepal Tanah Surga, yang mana dapat mengingatkan target audience akan Kota Sungai Penuh apabila mendengar kata tersebut.
ABSTRACTThe design of this city's branding is used to build a new image of Sungai Penuh City and promote Sungai Penuh City, thereby providing a picture of the thoughts, feelings, associations, and expectations that come to one's mind when that person sees or hears the name or word "Sungai Penuh." By designing the city branding of Sungai Penuh City, it is hoped that it will create an identity that is very closely related to the city of Sungai Penuh so as to give a feeling of pride to the people who live in Sungai Penuh, improve the community's economy, and distinguish Sungai Penuh from other cities. By using the s.w.o.t analysis method, we get an image that is relevant to Sungai Penuh City, namely the city called Sekepal Tanah Heaven, which can remind the target audience of Sungai Penuh City when they hear the word.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sungai Penuh. (2016).
Rencana Aksi Kota Pusaka Kota Sungai Penuh. Sungai Penuh:
BAPPEDA.
BEKRAFT. (2017). Buku Putih, Ekosistem yang mencipta. jakarta: ICCN.
Dinas Pariwisata. (2020). wisatasungaipenuh.com. Retrieved November
, 2020, from Wisata Sungai Penuh, Kota Sakti Berbudaya:
https://wisatasungaipenuh.com/
Kavaratzis, M. (2004). City Marketing to City Branding:Towards a
Theoretical framework for developing city brands.
Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2016). Standar
Kopetensi Kerja Nasional Bidang Desain Grafis & Desain Komunikasi Visual. Universitas Guna Darma (p. 3). Jakarta:
http://setia.staff.gunadarma.ac.id/.
Moerdijati, S. (2012). Pengantar ilmu Komunikasi. Surabaya: Revka Petra
Media.
Pfefferkorn, J. W. (2005). The Branding Of Cities, Exploring City Branding.
New York: Syracuse.
Rangkuty, F. (2008). The Power Of Brand Teknik Mengelola Brand Equity
dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v1i1.2216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 CINDY FADHILA SARA, KENDALL MALIK, ARYONI ANANTA
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.