PERANCANGAN VISUAL IDENTITY KACANG BARANDANG BUK NINI DI NAGARI LAWANG KEC. MATUR

PRAWIRA BOBBY SANJAYA, NASRUL KAMAL

Abstract


ABSTRAK

Kacang Barandang Buk Nini merupakan salah satu unit usaha kacang barandang yang sudah berdiri sejak tahun 1966, yang merupakan usaha turun temurun. Ketiadaan identitas visual yang masih sangat mempengaruhi eksistensi dan citra usaha, sehingga diperlukan desain identitas visual seperti logo dengan elemen warna dan tipografi yang merepresentasikan konsep Kacang Barangdang Buk Nini. Tujuan perancangan ini untuk membangun identitas baru, yang tujuannya adalah untuk mendapatkan loyalitas merek pada Kacang Barandang Buk Nini. Perancangan dilakukan secara logis, diawali dengan pengumpulan data, lalu wawancara dan observasi dan metode analisis 5W+1H (what, who, where, when, why, how) adalah metode analisis yang digunakan agar menemukan solusi dari masalah. Perancangan identitas visual Kacang Barandang adalah manual book sebagai media utama, dan kemasan, poster, kaos oblong, celemek, tote bag, payung dan stiker adalah media pendukung.

ABSTRACT

Kacang Barandang Buk Nini is one of the kacang barandang business units that has been established since 1966 and is a hereditary business. The absence of a visual identity still greatly affects the existence and image of the business, so it is necessary to design a visual identity such as a logo with color and typography elements that represent the concept of Kacang Barangdang Buk Nini. The purpose of this design is to build a new identity, the purpose of which is to gain brand loyalty for Kacang Barandang Buk Nini. The design is carried out logically, starting with data collection, then interviews and observations, and the 5W + 1H analysis method (what, who, where, when, why, how) is an analytical method used to find solutions to problems. The visual identity design of Kacang Barandang is a manual book as the main media, and packaging, posters, T-shirts, aprons, tote bags, umbrellas, and stickers are the supporting media.


Keywords


visual identity, logo, kacang barandang, oleh-oleh, makanan

Full Text:

PDF

References


Mahatul, u., & Kamal, m. n. (2019). Perancangan Visual Identity Warung

Seafood Nasi Sek Uniang Padang Baru Kota Padang. Dekave: Jurnal

Desain Komunikasi Visual, 8(4).

Purwaningrum, Atiq. 2008. Perancangan Visual Branding Kabupaten

Purbalingga Melalui Desain Komunikasi Visual. Karya akhir tidak

diterbitkan. Surakarta: Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas

Sebelas Maret.

Rustan, Taufik. 2018. Perancangan Visual Identity Central Coffe di Alahan

Panjang.

Uljannah, Nadia. 2016 . Redesign Visual Identity Pondok Sepatu Samillo

Padang. Karya akhir tidak diterbitkan. Padang: Fakultas Bahasa dan

Seni Universitas Negeri Padang




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v1i1.2217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRAWIRA BOBBY SANJAYA, NASRUL KAMAL

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.