PERANCANGAN SISTEM IDENTITAS VISUAL MUSEUM SUMPAH PEMUDA
Abstract
ABSTRAK
Brand Identity dan Sistem Identitas Visual berupa logo dan colaterral design yang diaplikasikan ke berbagai media promosi sesuai kebutuhan museum, sehingga dapat meningkatkan insight dan dapat menegaskan positioning Museum Sumpah Pemuda sebagai salah satu Museum Sejarah Nasional yang unik, menarik, dan dapat menambah wawasan secara personal bagi pengunjungnya. Sistem Identitas Visual utama yang disajikan adalah logo, typeface, sign system, yang diaplikasikan ke berbagai media promosi baik digital dan cetak, disajikan dalam beberapa kategori bentuk, yaitu kartu nama, tationary, tiket, poster, brosur, flyer, X-Banner, website, pictogram, merchandise, dan tampilan template pada media sosial. Proses perancangan ulang identitas visual melalui beberapa tahapan proses berkarya dengan proses urutan yang sebagaimana telah dipelajari selama waktu perkuliahan.
ABSTRACT
The goals of this final project are to produce a redesign of the Brand Identity and Visual Identity System in the form of logos and collateral designs which are applied to various promotional media according to the needs of the museum, so as to increase insight and confirm the positioning of the Youth Pledge Museum as one of the unique and interesting National History Museums, and to add personal insight for visitors. The main visual identity systems presented are logos, typefaces, and sign systems, which are applied to various promotional media, both digital and print, and presented in several categories of forms, namely business cards, tationaries, tickets, posters, brochures, flyers, X-Banners, websites, pictograms, merchandise, and display templates on social media. The process of redesigning the visual identity goes through several stages of the creative process, with a sequential process that has been studied during lectures.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Murtono, Taufik. 2019. Eksperimen Tipografi. Surakarta: Kekata
Publisher.
Anggraini S, Lia & Kirana Natalia. 2014. Desain Komunikasi Visual.
Bandung ; Nuansa Cendikia
Dameria, Anne. 2008. Color Basic Panduan Dasar Warna untuk Designer
dan Industri Grafika. Jakarta. Link Match Grafik
Djaja, Martarina Hapsari. 2012. Perancangan Ulang (Redesign) Logo dan
Corporate Identoty System C.V. Himawan Jaya. Skripsi. Fakultas
Sastra dan Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Univesritas Sebelas
Maret, Surakarta.
Karyanti, Tri. 2010, “Sumpah Pemuda dan Nasionalisme Indonesia”.
Majalah Ilmiah Informatika: Vol. 01. No. 90.
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta
Maulia, Hendra. 2019. Skripsi Karya perancangan typeface terinspirasi
dari senjata tradisional rencong aceh. Padangpanjang: ISI
Padangpanjang
Rustan, Surianto. 2009. Mendesain LOGO. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Sumbo Tinarbuko, 2008.”Semiotika Komunikasi Visual”. Jakarta :
Jalasutra
Shintadewi Azis, Astari. 2020. Perancangan Identitas Visual Museum
Tanah Dan Pertanian. Journal Printing and Packaging Technology
Vol.1. Politeknik Negeri Jakarta, Jurusan Teknik Grafika dan
Penerbitan.
Sudaryanto. 2018. “Dari Sumpah Pemuda (1928) Sampai Kongres Bahasa
Indonesia I (1938): Kajian Linguistik Historis Sekitar Masa-Masa
Prakemerdekaan”. Kajian Linguistik dan Sastra: Vol. 3, No. 101
Sukarno, Iman Satriaputra. 2008. Perancangan Motion Graphic ilustrarif
Mengenai Majapahit untuk Pemuda-Pemudi. Tugas Akhir tidak
diterbitkan. Bandung: Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v1i1.2218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ALLY HAMID, YONI SUDIANI, EVA YANTI
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.