PERANCANGAN SISTEM IDENTITAS VISUAL MUSEUM SUMPAH PEMUDA

ALLY HAMID, YONI SUDIANI, EVA YANTI

Abstract


ABSTRAK

Brand Identity dan Sistem Identitas Visual berupa logo dan colaterral design yang diaplikasikan ke berbagai media promosi sesuai kebutuhan museum, sehingga dapat meningkatkan insight dan dapat menegaskan positioning Museum Sumpah Pemuda sebagai salah satu Museum Sejarah Nasional yang unik, menarik, dan dapat menambah wawasan secara personal bagi pengunjungnya. Sistem Identitas Visual utama yang disajikan adalah logo, typeface, sign system, yang diaplikasikan ke berbagai media promosi baik digital dan cetak, disajikan dalam beberapa kategori bentuk, yaitu kartu nama, tationary, tiket, poster, brosur, flyer, X-Banner, website, pictogram, merchandise, dan tampilan template pada media sosial. Proses perancangan ulang identitas visual melalui beberapa tahapan proses berkarya dengan proses urutan yang sebagaimana telah dipelajari selama waktu perkuliahan.

ABSTRACT

The goals of this final project are to produce a redesign of the Brand Identity and Visual Identity System in the form of logos and collateral designs which are applied to various promotional media according to the needs of the museum, so as to increase insight and confirm the positioning of the Youth Pledge Museum as one of the unique and interesting National History Museums, and to add personal insight for visitors. The main visual identity systems presented are logos, typefaces, and sign systems, which are applied to various promotional media, both digital and print, and presented in several categories of forms, namely business cards, tationaries, tickets, posters, brochures, flyers, X-Banners, websites, pictograms, merchandise, and display templates on social media. The process of redesigning the visual identity goes through several stages of the creative process, with a sequential process that has been studied during lectures.


Keywords


Identitas Visual, Brand Identity, Sumpah Pemuda

Full Text:

PDF

References


Andi Murtono, Taufik. 2019. Eksperimen Tipografi. Surakarta: Kekata

Publisher.

Anggraini S, Lia & Kirana Natalia. 2014. Desain Komunikasi Visual.

Bandung ; Nuansa Cendikia

Dameria, Anne. 2008. Color Basic Panduan Dasar Warna untuk Designer

dan Industri Grafika. Jakarta. Link Match Grafik

Djaja, Martarina Hapsari. 2012. Perancangan Ulang (Redesign) Logo dan

Corporate Identoty System C.V. Himawan Jaya. Skripsi. Fakultas

Sastra dan Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Univesritas Sebelas

Maret, Surakarta.

Karyanti, Tri. 2010, “Sumpah Pemuda dan Nasionalisme Indonesia”.

Majalah Ilmiah Informatika: Vol. 01. No. 90.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta

Maulia, Hendra. 2019. Skripsi Karya perancangan typeface terinspirasi

dari senjata tradisional rencong aceh. Padangpanjang: ISI

Padangpanjang

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain LOGO. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Sumbo Tinarbuko, 2008.”Semiotika Komunikasi Visual”. Jakarta :

Jalasutra

Shintadewi Azis, Astari. 2020. Perancangan Identitas Visual Museum

Tanah Dan Pertanian. Journal Printing and Packaging Technology

Vol.1. Politeknik Negeri Jakarta, Jurusan Teknik Grafika dan

Penerbitan.

Sudaryanto. 2018. “Dari Sumpah Pemuda (1928) Sampai Kongres Bahasa

Indonesia I (1938): Kajian Linguistik Historis Sekitar Masa-Masa

Prakemerdekaan”. Kajian Linguistik dan Sastra: Vol. 3, No. 101

Sukarno, Iman Satriaputra. 2008. Perancangan Motion Graphic ilustrarif

Mengenai Majapahit untuk Pemuda-Pemudi. Tugas Akhir tidak

diterbitkan. Bandung: Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v1i1.2218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ALLY HAMID, YONI SUDIANI, EVA YANTI

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.