PERANCANGAN KOMIK KARAKTER DOSEN DKV ISI PADANGPANJANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK MAHASISWA

Randi Andriawan, Aryoni Ananta, Olvyandra Ariesta

Abstract


ABSTRAK

Institut Seni Indonesia Padangpanjang adalah perguruan tinggi negeri dengan konsentrasi pada bidang seni dan keterampilan yang dibagi menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Desain Komunikasi Visual adalah salah satu prodi di ISI Padangpanjang yang cukup populer dan menerima banyak mahasiswa baru setiap tahunnya. Namun kebanyakan mahasiswa baru belum mengenal dosen-dosennya. maka dari itu dibuatlah sebuah media informasi berupa komik yang berisi pengenalan dosen-dosen DKV ISI Padangpanjang. Dalam perancangan komik, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan dosen-dosen DKV ISI Padangpanjang. Perancangan komik menggunakan metode analisis data AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) untuk menentukan konsep perancangan. Hasil karya sendiri berbentuk buku komik yang berisi informasi dosen-dosen DKV ISI Padangpanjang. Komik dibuat dengan format digital agar mudah dibagikan kepada mahasiswa baru. Selain itu juga terdapat media-media pendukung seperti x-banner, poster, sosial media, dan merchandise seperti gantungan kunci dan baju kaos.

ABSTRACT

Institut Seni Indonesia Padangpanjang a state university with a concentration in the arts and skills which is divided into two faculties, namely the Faculty of Performing Arts and the Faculty of Fine Arts and Design. Visual Communication Design is one of the study programs at ISI Padang Panjang which is quite popular and accepts many new students every year. But most of the new students don’t  know the lecturers. therefore an information media in the form of a comic was made which contained an introduction to DKV ISI Padangpanjang lecturers. In designing comics, data collection was carried out through observation and interviews with DKV ISI Padangpanjang lecturers. Comic design uses the AIDA data analysis method (Attention, Interest, Desire, Action) to determine the design concept. The work itself is in the form of a comic book which contains information on DKV ISI Padangpanjang lecturers. Comics are made in digital format so that they can be easily distributed to new students. Apart from that, there are also supporting media such as x-banners, posters, social media, and merchandise such as key chains and t-shirts.


Keywords


Komik, DKV ISI Padangpanjang, Dosen, Cartoon Style

Full Text:

PDF

References


Alamsyah,Riko dan Muhammad Rois Abidin, 2022, Perancangan Maskot untuk mendukung Visual Objek Wisata Air Merambat Roro Kuning Bajuan Nganjuk, Jurnal Barik, Surabaya.

Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani., 2017, Pengantar Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Gumelar, M.S., 2011., Comic Making. Jakarta: PT Indeks

Maharsi, Indiria., 2018., Komik dari Wayang Beber sampai Komik Digital., Yogyakarta.

McCloud. Scott., 2001., Understanding Comic. Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta

Passion Desain (2021), Fungsi Maskot dalam Membangun Brand Anda. Dari : https://passiondesigns.co.id/5-fungsi-maskot-dalam-membangun-image-brand-anda/

Purnamawati, dan Eldarni (2001:4). Pengertian Media. Dari http://media-grafika.com/pengertian-media-pembelajaran. (diakses pada 09 Desember 2021

Setyowati, Yuli. (2006). Komunikasi Massa. Dari https://aurajogja.files.wordpress.com/2006/09/komunikasi-massa-a5.PDF (diakses pada 09 Desember 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v2i2.3683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.