Perancangan Karakter Virtual Influencer Sebagai Agen Edukasi Pembuatan Identitas Kependudukan Digitak (IKD)

Syaticha Zakiy, Ervitaliani Marwan, Irvan Satrya, Andi Suryadi

Abstract


Identitas Kependudukan Digital atau IKD merupakan program Kementrian Dalam Negeri yang diluncurkan pada awal tahun 2023 ini. Rentang umur generasi Z sekarang ini dapat mengajukan pembuatan IKD. Namun nyatanya, banyak Gen Z yang kurang edukasi mengenai cara pembuatan IKD. Generasi Z dapat dikatakan sebagai generasi yang dibesarkan oleh internet. Oleh karena itu, digunakan Virtual Influencer untuk mengedukasi Gen Z mengenai IKD melalui media sosial. Dalam perancangan desain karakter Virtual Influencer ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) oleh Luther – Sutopo. Pada perancangannya melibatkan proses menggambar ilustrasi desain karakter dan menganimasikannya menggunakan rigging. Karya yang dihasilkan berbenduk desain karakter yang bisa dipakai untuk membuat konten-konten kebutuhan edukasi IKD dalam media sosial. Walaupun terdapat beberapa hambatan dalam proses perancangannya, hasil dari penggunaan Virtual Influencer bisa dikatakan efektif karena sebagian besar Gen Z yang melihatnya menjadi lebih tertarik untuk membuat IKD.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i2.3876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.