INOVASI DESAIN KONTEN TIKTOK TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI KOMUNIKASI DI MASYARAKAT
Abstract
Dengan adanya perkembangan zaman saat ini banyak sekali perubahan dari cara menyebarkan informasi. Tiktok adalah salah satu platform media social yang sedang berkembang pesat di seluruh dunia salah satunya adalah Indonesia. TikTok sendiri adalah aplikasi yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk membuat video pendek dengan durasi hingga 10 menit yang didukung dengan fitur edit, filter, music, dan berbagai fitur lainnya yang dapat memudahkan penggunanya. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat video pendek dengan cepat dan mudah untuk dibagikan ke seluruh dunia. Dengan munculnya platform baru tentunya memunculkan ide-ide desain grafis yang baru dan beragam untuk menarik para audiens. Hadirnya platform semacam TikTok ini telah memberikam peluang untuk menghadirkan konten yang menarik dan unik. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, mengumpulkan, dan menganalisis data. Hasil dari jurnal ini adalah sebuah informasi mengenai inovasi desain konten TikTok terhadap penyebaran informasi dan komunikasi di masyarakat.
With today's developments, there have been many changes in the way information is disseminated. Tiktok is a social media platform that is growing rapidly throughout the world, one of which is Indonesia. TikTok itself is an application that makes it easy for its users to create short videos with a duration of up to 10 minutes which are supported by editing features, filters, music and various other features that can make it easier for users. With this application, users can create short videos quickly and easily to share with the world. With the emergence of new platforms, new and varied graphic design ideas will certainly emerge to attract audiences. The presence of platforms like TikTok has provided opportunities to present interesting and unique content. In this research, the author used qualitative methods by observing, collecting and analyzing data. The results of this journal are information regarding TikTok content design innovations for the dissemination of information and communication in society.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Setiadi. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. 2016
Tri Buana, Dwi Maharani. Penggunaan Aplikasi TikTok (Versi Terbaru) Dan Kreatifitas Anak. Jurnal Inovasi 2020. Vol 14 No 1
Melly Septia Pardianti, Valentin Valiant, S. Sos, M. Ikom. Pengelolaan Konten TikTok Sebagai Media Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi 2022. Vol XXVII No. 2
Rinto Alexandro, Fendy Hariatama H, Tonich Uda. TikTok Analysis as a Learning Media anda Activism Instrumen 2022. Vol 55 No 1
I Putu Hendika Permana, Ni Putu Suci Meinarni. Ratio Analysis on Tiktok (Socia Media) for Qualitative Research Using Explorative Methods 2021. Vol 8 No 1
Devina Rosalind Hadinoto, Anang Tri Wahyudi. Analisis Desain Konten Brand Media Sosial Di BEBE Studio Berdasarkan Hierarki Kebutuhan Desain
Nurhayati, Muh Ariffudin Islam.Perancangan Konten Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Dedado Batik Di Surabaya 2022. Vol 3 No 2
Surya Tjahyadi, Wily Antonio. Analisa Pengaruh Desain Grafis pada Konten Media Sosial terhadap Daya Tarik Pengguna dari Generasi Z di kota Batam 2023. Vol 05 No 03
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i1.4015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.