PERANCANGAN COMPANY PROFILEPANDAI SIKEK ART

Nadia Hanifah, Yoni Sudiani, Ferry Fernando

Abstract


Pandai Sikek Art merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi songket, bordir, sulaman dan berbagai macam souvenir khas Pandai Sikek. Perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang sangat pesat belum diimbangi dengan pengelolaan yang optimal dan adanya keterbatasan akses mempresentasikan informasi untuk mempromosikan produknya. Konsep pemasaran yang masih tradisional (dari mulut ke mulut, penjualan seadanya) masih banyak dipakai, maksudnya dari konsumen ke konsumen lain. Dengan demikian perlu adanya solusi untuk meningkatkan nilai dari produk Pandai Sikek Art dan juga meningkatkan ketertarikan masyarakat dengan songket tradisional khas Minangkabau dengan cara merancang Company Profile agar songket pandai sikek dapat tersebar luaskkan kepada masyarakat baik dalam maupun luar Sumatera. Metode dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi kasus dan dokumetasi serta metode analisis perancangan yaitu analisis swot dan analisi AISAS. Hasil dalam perancangan ini dalam bentuk Audio Visual, Company Profile Book, Catalog, Poster, X-Banner, Stationary Set Dan Merchandise.

Keywords


Company Profile, Songket, Pandai Sikek Art

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i1.4031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.