PENGEMBANGAN UI / UX WEBSITE KURSUS ONLINE DEVATA STUDIO ACADEMY
Abstract
Perancangan pengembangan UI/UX Website Kursus Online Devata Studio bertujuan untuk memberikan tampilan serta alur yang jelas dan informatif di dalam website kursus online Devata Studio Academy, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan fitur yang ada pada Website kursus online Devata Studio. Dalam proses Pengembangan penulis mencoba mengaplikasikan bentukan desain dari pada website secara simple, modern dan rapi, serta mengutamakan kejelasan informasi dari masing-masing Page. Devata Studio merupakan platform kursus online animasi 3D yang berada di kota Padang. Dengan tampilan yang menarik, kemudahan dalam mendapatkan informasi dan menggunakan fitur yang ada. dengan adanya rancangan ini, diharapkan mampu menarik daya minat user untuk mengunjungi website kursus online devata studio. Perancangan ini dimulai dengan pengumpulan data wawancara, studi pustaka hingga menyebarkan kursioner. Memetakan dan memahami permasalahan pengguna sehingga merumuskan dan menentukan solusi dari permasalahan yang ada hingga dilanjutkan dengan sketsa adalah setiap rangkaian proses penciptaan dalam perancangan pengembangan ini. Pembuatan wireframe atau kerangka dasar dalam perancangan ini menggunakan aplikasi figma, yang kemudian dilakukan usability testing dengan prototype untuk melakukan simulasi terhadap solusi desain yang telah dirancang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
umber Buku
Baderan,Jamila K. 2020. Design Thinking: Membagun Generasi Emas dengan Konsep Merdeka Belajar, Yogyakarta; Andi
Dahiya. 2012, E-learning. Jakarta: Refika Aditama
Gilbert, Jones. 2001. E-Learning. Jakarta: Bumi Aksara
Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep Dan Strategi Pembelajaran di Era Industri 4.0,Yogyakarta; Laksana
Nidhom, Ahmad Mursyidun. 2019. Interaksi Komputer dan Manusia, Malang; CV. Multimedia Edukasi
Putra,Ricky W. 2020. Pengantar Desain Komunikasi Visual dan penerapan, Yogyakarta; Andi
Sihombing,Danton. 2017. Tipografi dalam Desain Grafis, Jakarta; Gramedia Pustaka Utama
Supriyanta. 2015. Interaksi Manusia dan Komputer, Yogyakarta; Deepublish
Wahyuningsih,Dian dan Rakhmat Makmur. 2017. E-Learning Teori dan Aplikasi, Bandung; Informatika
Waller, Wilson. 2001. E-learning. Jakarta: Grafindo
Sumber Jurnal
Adhiazni,Viranda. 2020. “Skripsi : Perancangan Ulang desain UI / UX Pada Aplikasi Schoters Menggunakan Metode Goal-Directed Design.
Jakarta; Universitas Negeri Syarif Hidayatulla Jakarta
Fadli,Muhammad Raffi. 2020. “Skripsi: Perancangan UI/UX dan Pada Aplikasi Mobile Indosport Dengan Menggunakan Pendekatan User Centered Design”, Semarang; Universitas Semarang.
Faiz,Muhammad. 2022. “Skripsi : Redesign UI/UX Aplikasi Nglarisi UKM Jepara”, Padang Panjang;Institut Seni Indonesia Padang Panjang
Hartanto,Wiwin. 2016. Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran, Jember; Universitas Jember
Prasetyo dan Sutopo.2018.Industri 4.0 : Telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset,Semarang;Universitas Diponegoro
Shirvanadi, Elda Chandra dan Moh Idris. 2021. “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking. Yogyakarta; Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Zakharia, Y, Djoko Budiyanto Setyohadi, dan P,Sigit Purnomo W.2016. Perancangan antarmuka online course pada perangkat mobile menggunakan teori usability
Sumber Internet
Calista,Mega Intadanias. 2020. https://medium.com/dot-intern/mengenal-jenis-
fungsi -font-ccabd1690f9b (diakses pada tanggal, 20 Agustus 2022)
Devata Studio. https://www.devatastudio.com/ (diakses pada 2 Mei 2022)
“Design Thinking,” IDEO, https://www.ideou.com/pages/design-thinking diakses (29 July 2022,)
Skilvul. 2021. https://bit.ly/skilvul-uiux-slides (diakses pada 25 July 2022)
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i2.4408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.