PERANCANGAN BUKU POP-UP MEDIA TUMBUH KEMBANG ANAK DIADAPTASI DARI CERITA RAKYAT GAYO PUTRI PUKES
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artikel Jurnal
Arifin, H.M. (2015). "Cerita Rakyat dalam Pembentukan Karakter Siswa". Jurnal
Pendidikan Karakter.
Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung:
Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
M. Hadi Safitri, Syafwan, Heldi. (2018). “Perancangan media buku Pop-Up cerita
rakyat Rambun Pamenan Sumatera Barat”.
Mohammad Ilham Kumiawan. (2017). "Perancangan Buku Pop Up Cerita
Dongeng "Cindelaras" dengan Teknik V-Fold Sebagai Upaya Mengenalkan Cerita Rakyat untuk Anak-Anak.
Mona Ekawati. (2019). “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta
Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran”
Nurmaleni. (2021). “Pengembangan media Pop-Up book untuk mengenalkan
kosakata pada anak usia 5-6 tahun di Tk harapan ibu Sikaladi kecamatan Pariangan kabupaten Tanah Datar”.
Oktaviani Resti Asita. (2019). “Perancangan Buku Pop-Up Cerita Rakyat Jaka
Poleng sebagai upaya memperkenalkan kebudayaan lokal kepada anak-anak sekolah dasar”.
Qonita, Madopar, Ira. (2021). “Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan
Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah dasar”
Syaroful Anam, (2018). “Perancangan Buku Pop-Up Cerita Rakyat Bagus Kuning
Untuk Anak-Anak”
Gusnetti, dkk. (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat
Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 (2). Doi: https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238
Bagus Hady Hartanto, dkk (2022). Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Provinsi
Banten Sebagai Upaya Mengembangkan Sejarah Kebudayaan Banten: Jurnal Bastrido.Vol 3, (1).Doi: https://doi.org/10.29303/jb.v3i1.261
Buku
Aisyah, Siti Dkk. (2010). Perkembangan Konsep Pusat Pengembangan Anak
Usia Dini. Jakarta
Aurilia Nardina Evita, Dkk. (2021). Tumbuh Kembang Anak. Yayasan Kita
Menulis.
Kementrian RI. (2016). Pedoman pelaksana Stimulasi, Deteksi dan lntervensi
Dini Tumbuh Kembang Anak.
Murdoch, K., & Wilson, B. (2019). Young Children's Understanding of Primary
and Secondary Colors: Using Children's Literature to Support Concept Development. The Reading Teacher.
Rob Ives. (2008). Paper Engineering & Pop-Ups For Dummies. Wiley
Publishing,Ink. Indiana.
Situs Web/Webtografi
Alit Ayu Dewantari. (2014). Sekilas tentang Pop-Up,Lift the Flap, danMovable
Book. Diakses pada 22 februari 2023. pada
http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-Pop-Up-lift-the-flap-dan-movable-book.html
Aris kurniawan (2023). Pengertian tipografi dan menurut para ahli. Diakses pada
maret 2023 dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-tipografi/#Tipografi_Menurut_Para_Ahli
Bpk RI (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional diakses pada 6 maret 2023 dari
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
David monte (2022). Pengertian storyboard, fungsi, tujuan, manfaat, & cara
membuatnya diakses pada 9 maret 2023 dari
https://artikelsiana.com/2022/03/pengertian-storyboard-fungsi-tujuan-manfaat-cara-membuatnya.html#Pengertian_Storyboard_Menurut_Para_Ahli
Dribbble.(2022).diakses pada 20 februari 2023. pada
https://dribbble.com/shots/2143598-Pop-Up-Book-Maker-Photoshop-Action-Set
Krisnan. (2018). Pengertian Pop-Up menurut para Ahli. Diakses pada 22 februari
dari https://meenta.net/4-pengertian-media-Pop-Up
Muchlisin Riadi.(2020). Warna (Definisi, Unsur, Jenis dan Psikologi) diakses
pada 9 maret 2023 dari https://www.kajianpustaka.com/2020/10/warna-definisi-unsur-jenis-dan-psikologi.html
Pediasure.(2022). Ibu, Pahami Perkembangan Anak dari Usia 1 hingga 12 Tahun.
Diakses pada 20 februari 2023. Dari: https://pediasure.co.id/article/perkembangan-anak-dari-usia-1-12-tahun
Ramdan, Yudhistira (2019). Literacy Emergency Among Indonesian Students.
Diakses pada 22 februari 2023, dari
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v4i2.4762
Copyright (c) 2025 VCoDe : Visual Communication Design Journal

VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








_(1)1.gif)

