PERANCANGAN BUKU POP-UP MEDIA TUMBUH KEMBANG ANAK DIADAPTASI DARI CERITA RAKYAT GAYO PUTRI PUKES

irwan syah

Abstract


Penelitian ini menitik beratkan pada perancangan "Buku Pop-Up Media Tumbuh Kembang Anak Diadaptasi Dari Cerita Rakyat Gayo Putri Pukes" dengan tujuan utama memberikan pengalaman belajar yang inovatif dan menarik bagi anak-anak, sekaligus mempromosikan kekayaan budaya lokal. Fokus utama penelitian terletak pada fase desain dan implementasi buku Pop-Up, yang melibatkan penggunaan mekanisme khusus serta cerita rakyat Gayo sebagai instrumen untuk memperkaya pertumbuhan dan perkembangan anak.Dalam upaya merinci aspek perancangan, digunakan metode analisis SWOT untuk mengevaluasi secara komprehensif kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin muncul dalam proses perancangan. Sementara itu, data yang diperoleh didapat melalui observasi, wawancara, dan studi literatur, dengan audiens utama yang menjadi fokus adalah anak-anak berusia 4-6 tahun. Tujuan utamanya adalah menghasilkan buku yang tidak hanya berperan dalam pendidikan kognitif, tetapi juga menjelaskan dan mewariskan nilai-nilai budaya. Perancangan ini secara khusus berusaha memberikan pengalaman belajar yang stimulatif, kreatif, dan sejalan dengan tahapan perkembangan anak-anak. Dengan demikian, diharapkan bahwa "Buku Pop-Up Media Tumbuh Kembang Anak Diadaptasi Dari Cerita Rakyat Gayo Putri Pukes" dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam pengembangan aspek kognitif anak-anak berusia 4-6 tahun. Sebagai harapan dari penelitian ini, buku ini diinginkan tidak hanya sebagai alat pembelajaran yang menarik dan edukatif, melainkan juga mampu menanamkan rasa cinta anak-anak terhadap warisan budaya lokal, membentuk karakter positif, serta menciptakan momen pembelajaran yang membekas dan berkesan, sehingga dapat menjadi dasar untuk penerapan pendekatan pembelajaran yang lebih menyeluruh dan berkelanjutan.

Keywords


Buku Pop-Up, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Cerita Rakyat Gayo, Warisan Budaya, Pembelajaran Inovatif, SWOT

Full Text:

PDF

References


Artikel Jurnal

Arifin, H.M. (2015). "Cerita Rakyat dalam Pembentukan Karakter Siswa". Jurnal

Pendidikan Karakter.

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung:

Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

M. Hadi Safitri, Syafwan, Heldi. (2018). “Perancangan media buku Pop-Up cerita

rakyat Rambun Pamenan Sumatera Barat”.

Mohammad Ilham Kumiawan. (2017). "Perancangan Buku Pop Up Cerita

Dongeng "Cindelaras" dengan Teknik V-Fold Sebagai Upaya Mengenalkan Cerita Rakyat untuk Anak-Anak.

Mona Ekawati. (2019). “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta

Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran”

Nurmaleni. (2021). “Pengembangan media Pop-Up book untuk mengenalkan

kosakata pada anak usia 5-6 tahun di Tk harapan ibu Sikaladi kecamatan Pariangan kabupaten Tanah Datar”.

Oktaviani Resti Asita. (2019). “Perancangan Buku Pop-Up Cerita Rakyat Jaka

Poleng sebagai upaya memperkenalkan kebudayaan lokal kepada anak-anak sekolah dasar”.

Qonita, Madopar, Ira. (2021). “Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan

Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah dasar”

Syaroful Anam, (2018). “Perancangan Buku Pop-Up Cerita Rakyat Bagus Kuning

Untuk Anak-Anak”

Gusnetti, dkk. (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat

Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 (2). Doi: https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238

Bagus Hady Hartanto, dkk (2022). Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Provinsi

Banten Sebagai Upaya Mengembangkan Sejarah Kebudayaan Banten: Jurnal Bastrido.Vol 3, (1).Doi: https://doi.org/10.29303/jb.v3i1.261

Buku

Aisyah, Siti Dkk. (2010). Perkembangan Konsep Pusat Pengembangan Anak

Usia Dini. Jakarta

Aurilia Nardina Evita, Dkk. (2021). Tumbuh Kembang Anak. Yayasan Kita

Menulis.

Kementrian RI. (2016). Pedoman pelaksana Stimulasi, Deteksi dan lntervensi

Dini Tumbuh Kembang Anak.

Murdoch, K., & Wilson, B. (2019). Young Children's Understanding of Primary

and Secondary Colors: Using Children's Literature to Support Concept Development. The Reading Teacher.

Rob Ives. (2008). Paper Engineering & Pop-Ups For Dummies. Wiley

Publishing,Ink. Indiana.

Situs Web/Webtografi

Alit Ayu Dewantari. (2014). Sekilas tentang Pop-Up,Lift the Flap, danMovable

Book. Diakses pada 22 februari 2023. pada

http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-Pop-Up-lift-the-flap-dan-movable-book.html

Aris kurniawan (2023). Pengertian tipografi dan menurut para ahli. Diakses pada

maret 2023 dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-tipografi/#Tipografi_Menurut_Para_Ahli

Bpk RI (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional diakses pada 6 maret 2023 dari

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

David monte (2022). Pengertian storyboard, fungsi, tujuan, manfaat, & cara

membuatnya diakses pada 9 maret 2023 dari

https://artikelsiana.com/2022/03/pengertian-storyboard-fungsi-tujuan-manfaat-cara-membuatnya.html#Pengertian_Storyboard_Menurut_Para_Ahli

Dribbble.(2022).diakses pada 20 februari 2023. pada

https://dribbble.com/shots/2143598-Pop-Up-Book-Maker-Photoshop-Action-Set

Krisnan. (2018). Pengertian Pop-Up menurut para Ahli. Diakses pada 22 februari

dari https://meenta.net/4-pengertian-media-Pop-Up

Muchlisin Riadi.(2020). Warna (Definisi, Unsur, Jenis dan Psikologi) diakses

pada 9 maret 2023 dari https://www.kajianpustaka.com/2020/10/warna-definisi-unsur-jenis-dan-psikologi.html

Pediasure.(2022). Ibu, Pahami Perkembangan Anak dari Usia 1 hingga 12 Tahun.

Diakses pada 20 februari 2023. Dari: https://pediasure.co.id/article/perkembangan-anak-dari-usia-1-12-tahun

Ramdan, Yudhistira (2019). Literacy Emergency Among Indonesian Students.

Diakses pada 22 februari 2023, dari




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v4i2.4762

Copyright (c) 2025 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.