Dekorasi Pelaminan Karya Kemahen Art Decoration Ditinjau Dari Prinsip-Prinsip Desain

Dwi Syahfitri, Saragi Daulat

Abstract


ABSTRACT

The art of decoration is the art of designing, arranging objects, shapes, rooms and other objects with the aim of beautifying and beautifying the visual appearance of the object to be decorated. Relating to the art of decoration, especially the decoration of the aisle. In this era, many wedding receptions were seen as reflection of the culture of society. Changes in wedding decoration design models can characterize changes in modern society’s culture. With the aim of knowing a good form of wedding decoration, to find out the suitability of the application of the layout of the decoration that is used as a decoration element, to find out the arrangement of properties, as well as the color theme used in the elements of the wedding decoration. Observing these conditions the outhor tries to analyze with descriptive analysis methods and interviews with one off the wedding organizers in the city of Medan. Based on the results of the research, it can be concluded that the art decoration camp applies design priciples to decoration works of the several decorations, thera are those who apply all design principles, and there are those who apply only a few principles. The shapes used mostly use geometric shapes, The layout of the décor elements is laid out according to design principles. As well as variations in the form of decoration tailored to the requests of each client. However, many clients also ask for the type of decoration that is already provided by the vendor.

Keywords: decoration, aisle, analysis, principle, design

 

ABSTRAK 

Seni dekorasi adalah seni merancang, menata benda, bentuk, ruangan, dan benda lainnya dengan tujuan mempercantik dan memperindah tampilan visual dari benda yang akan dihias. Berkaitan dengan seni dekorasi, terkhususnya dekorasi pelaminan. Pada era ini resepsi pernikahan banyak dilihat sebagai refleksi kebudayaan masyarakat. Perubahan model desain dekorasi pernikahan dapat mencirikan perubahan dalam kebudayaan masyarakat yang modern. Dengan tujuan mengetahui bentuk dekorasi pernikahan yang baik, untuk mengetahui kesesuaian penerapan tata letak hiasan yang dijadikan sebagai elemen dekorasi,, untuk mengetahui penyusunan properti, serta warna tema yang dipakai pada elemen-elemen dekorasi pernikahan. Mencermati kondisi yang demikian penulis mencoba menganalisis dengan metode analisis deskriptif dan wawancara dengan salah satu wedding organizer di kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa Kemahen Art Decoration menerapkan prinsip-prinsip desain pada karya dekorasi. Dari beberapa dekorasi ada yang menerapkan semua prinsip desain, dan ada yang menerapkan beberapa prinsip saja. Bentuk yang digunakan banyak menggunakan bentuk-bentuk geometris. Tata letak elemen dekorasi ditata dengan prinsip desain. Serta variasi bentuk dekorasi disesuaikan dengan permintaan dari setiap klien. Namun juga banyak klien meminta jenis dekorasi yang sudah ada disediakan vendor.

Kata Kunci: dekorasi, pelaminan, analisis, prinsip, desain.


Keywords


decoration; aisle; analysis; principle; design;

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amar Miftahurrahmat. Penerapan Prinsip Desain Dalam Elemen Garfis Pada Ilustrasi Gambar Berita Utama Surat Kabar Tribun Jambi. 2013. http://repository.uin-suska.ac.id

Arikunto. Suharsimi. Prosedur Penelitin. 1998 . Jakarta : Renika Cipta.

Ardianto,Alvinaro. Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. 2010. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Bridestrory. Semua Yang Harus Anda Ketahui Tentang Dekorasi Pernikahan. 2016.https://www.bridestory.com/id/blog/semua-yang-harus-anda-ketahui-tentang-dekorasi-pernikahan.

Dodsworth Simon.The Fundamentals of Interior Design. 2009. AVA Book Production Pte.Ltd.,Singapore.

Ensiklopedia. Decorative. 2019. https://en.wikipedia.org/wiki/Decorative_arts

Fauzi Arli. Prinsip Seni Rupa. 2020. Cerdika. https://cerdika.com/prinsip-seni-rupa/

Floweria. Perfect Dreamy Wedding Membawa Cinta Sampai ke Surga. 2015. Jakarta Gema Insani

Gulo. W. Metodologi Penelitian. 2000. Jakarta: PT.Grasindo

Guler Furkan. 3D Market Form. Pinterst.com

Ian Dey. Qualitatif Data Analysis. 1995. New York

Irawan Bambang. Dasar-Dasar Desain. 2013.Jakarta:Griya Kreasi.

Irena, A. Nugroho, D.M. & Nilasari. F.P. Perancangan Interior Wedding House di Surabaya dengan konsep “Touch and Personal White”. E-jurnal Volume 02, Nomor 02, Tahun 2014. Intra. Hal 353-359.

Jane, J. Kusumowidagdo, A. & Wardhani, K. D. Perancangan Dekorasi Pernikahan Dengan Tema Arabian Night Di Hotel Sheraton Surabaya. E-jurnal Volume 04. Nomor 01. Tahun 2018. Kreasi. Hal 199-129.

Kartika Sony Dharsono. EStetika.Rekayasa Sains. 2007. Bandung

Kusrianto Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. 2007. Yogyakarta: Andi Offset.

Kuncoro. Strategi bagaimana meraih keunggulan kompetitif. 2005. Penerbit: Erlangga Jakarta

KBBI daring. Analisis. Diakses 26 Jan 2022, https://kbbi.web.id/analisis

Kristin, M, D. & Lisanti Yuliana. Wedding Organizer Order Management. E-jurnal Volume 05, Nomor 02, Tahun 2014. Comtech. Hal 839-850.

Mamik. Metodologi Kualitatif. 2015.Sidoarjo:Zifatama.

McMillan, J. H. Dkk. Research in Education. 2001. Newyork: Longman Boston.

Meilani. Jenis-jenis warna berdasarkan keharmonisannya. 2015. dkv.binus.ac.id/2015/08/26/jenis-jenis-warna-berdasarkan-keharmonisannya/.

Mukhirah. Dasar Seni dan Desain. 2018. Syiah Kuala University Press

Pikbest. Marble red wedding effect picture. Upload time 2018.10.21. Pinterst.com

Pikbest. Modern minimalist forest marble background wedding effect picture. Upload time 2019.02.23. Pinterst.com

Pikbest. Minimalist morandi green wedding effect picture. Upload time 2020.01.16. Pinterst.com

Pxhere. Ranting pohon. Diupload 2017.22.02. pixhere.com

Salam Sofyan, dan Sukarman B, dan Hasnawati, dan Muh Muhaemin.

Pengetahuan Dasar Seni Rupa.2020. Badan penerbit UNM

Sintia. Mendesain, Membuat, dan Merawat Taman Rumah. 2004. Depok: PT Agro Media Pustaka

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. 2009. Bandung: Alfabeta

Supangkat Jim. Ikatan Silang Budaya Seni Serat Biranul Anas. 2006. Art Fabrics.KPG

Susanto Mikke. Membongkar Seni Rupa. 2003. Yogyakarta: Jendela.

Udiana Tjok. Garis Dalam Seni Rupa. 2010. Bali: ISI Denpasar.

Wikipedia. Analisis. diupload 08 April 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/analisis

Wijayanti.P.F. Perencanaan Tata Laksana Dekorasi Pelaminan Di Aris Decoration Dan Rias Pengantin Surabaya. E-jurnal Volume 07, Nomor 02, Tahun 2018. Edisi Yudisium. Hal 100-105.

Zuraima. Seni Hias Pakaian Adat Wanita dan Pakaian Pengantin Wanita Jambi. 1983. DEPDIKBUD: Proyek Pengembangan Kesenian Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vartjofa.v2i2.3659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal Indexed by:

    

V-Art: Journal of Fine Art 

E-ISSN 2809-2589 | DOI: 10.26887/vartjofa.v3i1 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/viart/index
Email: viartjournal@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Rajudin, S.Pd., M.Sn| Managing Editor: Eva Yanti, S.Ds., M.Si Thegar Risky.S.Kom 
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803



V-Art: Journal of Fine Art © 2021 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International