Implementasi Dan Pemahaman Rafitikasi Konvensi Hak Anak di SMA As-Shofa, Kota Pekanbaru

Ahmad Jamaan, Hendrini Renolafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi dan pemahaman ratifikasi Konvensi Hak Anak di SMA As-Shofa. Konvensi Hak Anak merupakan instrumen hukum HAM yang komprehensif dalam mempromosikan dan melindungi hak-hak anak. Meskipun pentingnya hak anak dan perlindungan anak telah diakui secara global, kesadaran ini belum sepenuhnya terealisasi. Kasus-kasus pelanggaran hak anak masih sering terjadi, seperti kekerasan fisik dan psikis terhadap anak. Negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), termasuk Indonesia, telah sepakat secara internasional untuk memenuhi hak anak dan melindungi mereka melalui ratifikasi Konvensi Hak Anak. Indonesia telah melakukan penandatanganan dan ratifikasi Konvensi Hak Anak sebagai upaya untuk memenuhi hak anak dan melindungi mereka. Namun, masih banyak pembahasan yang perlu dilakukan mengenai implementasi dan pemenuhan hak anak di Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menggunakan pengisian kuesioner dengan opsi jawaban ya atau tidak. Metode kualitatif menggunakan kuesioner dan uraian kesimpulan.

Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa mayoritas siswa kelas XI IPS 2 di SMA As-Shofa belum mendengar tentang ratifikasi Konvensi Hak Anak sebelum sosialisasi dilakukan. Namun, setelah sosialisasi, pengetahuan dan pemahaman siswa tentang ratifikasi Konvensi Hak Anak meningkat secara signifikan. Dalam post-test, semua siswa telah memahami materi tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya perlindungan anak di tingkat internasional dan nasional. Implementasi Konvensi Hak Anak di Indonesia perlu terus ditingkatkan untuk memastikan pemenuhan hak anak dan perlindungan mereka. Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi anak melalui pembentukan undang-undang dan kebijakan yang sesuai dengan konvensi internasional. Namun, upaya lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan perlindungan dan kesejahteraan anak secara efektif.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i1.3669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License