PELATIHAN PEMBUATAN ECO-PRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERBASIS LINGKUNGAN BERKELANJUTAN PADA ANAK DAN REMAJA

Intan Islamia, Andry Rahman Arif, Amanda Septiana, Pertika Fetri, Ramadona Ramadona, Mutiara Abdul Gani, Adila Adila

Abstract


Pelatihan ini difokuskan pada anak-anak dan remaja di Desa Bumi Agung dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan anak-anak dan remaja dalam menghasilkan produk tekstil menggunakan teknik eco-print, serta memberikan wawasan baru dalam mengatasi tantangan ekonomi melalui wirausaha berbasis teknik eco-print. Program ini juga mendukung inisiatif pemerintah untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan. Bagi mitra, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan teknik eco-print, dengan harapan akan memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas hidup masyarakat di Desa Bumi Agung. Metode pelatihan yang digunakan adalah metode pounding, di mana daun atau bunga dipukul ke atas kain menggunakan palu untuk mencetak motif alami. Penyelenggaraan pelatihan didasarkan pada hasil observasi mahasiswa KKN yang mengidentifikasi kurangnya pemanfaatan daun sebagai bahan baku untuk menciptakan produk bernilai ekonomi.

Kata Kunci: Pelatihan, eco-print, Kreativitas Lingkungan


Full Text:

PDF PDF

References


Asmara, D. A., & Meilani, S. (2020). Penerapan Teknik Ecoprint pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 16–26.

Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha Fashion yang Ramah Lingkungan. Universitas Negeri Yogyakarta, 6(1).

Husna, F. (2016). Eksplorasi Teknik Eco Dyeing dengn Tanaman sebagai Pewarna Alam.

Proceeding od Art & Design, 2(III).

Kamil, M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Mulyani, L. D., Nopriansyah, U., Syarif, A. H., & Susanti, E. D. (2021). Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk yang Mempunyai Nilai Jual pada Ibu-ibu Rumah Tangga. Al-Mu’awanah : Kurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Nasution, N. A., Wijaya, T., & Iptahudin. (2022). Peningkatan Jiwa Enterpreneurship bagi Pengelola Media Komunitas. Al-Mu’awanah : Kurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Octariza, S., & Mutmainah, S. (2021). Penerapan Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding pada Anak Sanggar Alang-alang, Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 9(2), 308– 317.

Pressinawangi, N., & Widiawati, D. (2014). Eksplorasi Teknik Ecoprint dengan Menggunakan Limbah Besi dan Pewarna Alami untuk Produk Fashion. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa dan Design, (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i2.3858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License