Pengembangan Keterampilan Musik Ansambel pada Siswa SMP melalui Pembelajaran Lagu 'Sahabat Kecil' di SMPN 1 Padangpanjang

Fery Hutasoit, Zainal Warhat, Nofridayati Nofridayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan musik ansambel pada siswa SMPN 1 Padangpanjang melalui pembelajaran lagu "Sahabat Kecil" karya Ipang. Metode penelitian yang digunakan adalah Action Research, yang melibatkan proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Sebanyak 9 siswa berpartisipasi dalam kegiatan ansambel ini, dengan instrumen yang digunakan meliputi pianika, lyra, gitar akustik, gitar bass, cajon, dan vokal. Proses pembelajaran berlangsung dalam dua siklus, di mana setiap siklus dilakukan evaluasi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain ansambel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ansambel dengan metode ini mampu meningkatkan keterampilan siswa secara signifikan, baik dalam teknik bermain alat musik maupun dalam kemampuan menyelaraskan permainan ansambel. Peningkatan ini terlihat dari kemampuan siswa dalam menguasai teknik dasar instrumen yang digunakan, serta keselarasan permainan dalam ansambel secara keseluruhan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Action Research efektif dalam mengembangkan keterampilan musik ansambel pada siswa SMP, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai praktik ansambel musik.

Keywords


Pengembangan Keterampilan; Musik Ansambel, Action Research; Sahabat Kecil; SMPN 1 Padangpanjang.

Full Text:

PDF

References


Astuti, K. S., Kristianingsih, F. X. D., Pujiwiyana, P. P., Handoyo, C. B., & Rakasiwi, L. G. A. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Modulasi Sebagai Stimulus Kepekaan Musikalitas Anak. Promusika, 11(2), 75–81. https://doi.org/10.24821/promusika.v11i2.10868

Barnawi, E. (2021). Pelatihan Alat Musik Talo Balak Lampung Pada Forum Karang Taruna Palapa Tiyuh Panaragan Untuk Mengiringi Tarian Sigeh Penguten Sebagai Prosesi Penyambutan Tamu-Tamu Agung Di Tiyuh Panaragan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Sumbangsih, 2(1). https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.41

Fuadah, U. S., Respati, R., & Halimah, M. (2017). Bahan Ajar Musik Ansambel Untuk Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 20. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7493

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Ghozali, I. (2012). Pembelajaran Musik Berbasis Siswa Dengan Pendekatan Local Genius. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.334

Hanafy, Muh. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Nur Afifah, F., Rahayuningtyas, W., & Hartono, H. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ansambel Musik Dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jolla Journal of Language Literature and Arts, 3(7), 1081–1092. https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092

Rahayuningtyas, W. (2023). Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ansambel Musik Siswa SMP. Jolla Journal of Language Literature and Arts, 3(3), 406–419. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p406-419

Rakhmah, S. N., Prahartiwi, L. I., Arawi, D. K. A., & Ijtara’a, I. (2021a). Web Edukasi Almusan (Alat Musik Ansambel) Untuk Media Pembelajaran Siswa SMP PGRI Babelan. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 2(1), 33–46. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v2i1.642

Rakhmah, S. N., Prahartiwi, L. I., Arawi, D. K. A., & Ijtara’a, I. (2021b). Web Edukasi Almusan (Alat Musik Ansambel) Untuk Media Pembelajaran Siswa SMP PGRI Babelan. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 2(1), 33–46. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v2i1.642

Respati, R., & Fuadah, U. S. (2018). Pembelajaran Ansambel Musik Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 30. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11755

Ridwan, R., Wulandari, H., & Ardiyanti, D. (2020). Belajar Melalui Musik Dengan Menerapkan Metode Orff. Paud Lectura Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 112–122. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4844

Sahat Simanjuntak, N., & Ardipal, N. (2023). Pembelajaran Ansambel Di Kelas VII F SMP Negeri 30 Padang. 1(2), 181–191. https://doi.org/10.24036/em.v1i2.41

Sidabutar, A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Sight Singing Terhadap Hasil Belajar Musik Ansambel. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8758

Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Metode Kodaly Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Education Research (Ijoer), 2(1), 23–17. https://doi.org/10.37251/ijoer.v2i1.519

Walidaini, B. (2023). Penerapan Model Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Musik. Musikolastika Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(1), 62–72. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i1.116

Widodo, T. (2015). Pembelajaran Aransemen Musik Berbasis Teknologi Komputer Di Jurusan Musik FSP Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Promusika, 3(2), 119–128. https://doi.org/10.24821/promusika.v3i2.1695

Yetti, E., & Khairiah, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Musikalitas Melalui Bermain Alat Musik Dol. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 226–237. https://doi.org/10.21009/jpud.112.03

Yulianti, F. (2015). Model Pembelajaran Seni Musik Melalui Lesson Study: Studi Kasus Di SDN Jawilan, Serang. Resital Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 126–138. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.847

Zebua, T. B., Situmorang, J., & Mursid, R. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Apresiasi Terhadap Hasil Belajar Seni Musik Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (Jtp), 11(1), 60. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11197




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v7i1.4764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum 
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.