Pengembangan Keterampilan Musik Ansambel pada Siswa SMP melalui Pembelajaran Lagu 'Sahabat Kecil' di SMPN 1 Padangpanjang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, K. S., Kristianingsih, F. X. D., Pujiwiyana, P. P., Handoyo, C. B., & Rakasiwi, L. G. A. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Modulasi Sebagai Stimulus Kepekaan Musikalitas Anak. Promusika, 11(2), 75–81. https://doi.org/10.24821/promusika.v11i2.10868
Barnawi, E. (2021). Pelatihan Alat Musik Talo Balak Lampung Pada Forum Karang Taruna Palapa Tiyuh Panaragan Untuk Mengiringi Tarian Sigeh Penguten Sebagai Prosesi Penyambutan Tamu-Tamu Agung Di Tiyuh Panaragan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Sumbangsih, 2(1). https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.41
Fuadah, U. S., Respati, R., & Halimah, M. (2017). Bahan Ajar Musik Ansambel Untuk Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 20. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7493
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Ghozali, I. (2012). Pembelajaran Musik Berbasis Siswa Dengan Pendekatan Local Genius. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.334
Hanafy, Muh. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Nur Afifah, F., Rahayuningtyas, W., & Hartono, H. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ansambel Musik Dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jolla Journal of Language Literature and Arts, 3(7), 1081–1092. https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092
Rahayuningtyas, W. (2023). Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ansambel Musik Siswa SMP. Jolla Journal of Language Literature and Arts, 3(3), 406–419. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p406-419
Rakhmah, S. N., Prahartiwi, L. I., Arawi, D. K. A., & Ijtara’a, I. (2021a). Web Edukasi Almusan (Alat Musik Ansambel) Untuk Media Pembelajaran Siswa SMP PGRI Babelan. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 2(1), 33–46. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v2i1.642
Rakhmah, S. N., Prahartiwi, L. I., Arawi, D. K. A., & Ijtara’a, I. (2021b). Web Edukasi Almusan (Alat Musik Ansambel) Untuk Media Pembelajaran Siswa SMP PGRI Babelan. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 2(1), 33–46. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v2i1.642
Respati, R., & Fuadah, U. S. (2018). Pembelajaran Ansambel Musik Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 30. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11755
Ridwan, R., Wulandari, H., & Ardiyanti, D. (2020). Belajar Melalui Musik Dengan Menerapkan Metode Orff. Paud Lectura Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 112–122. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4844
Sahat Simanjuntak, N., & Ardipal, N. (2023). Pembelajaran Ansambel Di Kelas VII F SMP Negeri 30 Padang. 1(2), 181–191. https://doi.org/10.24036/em.v1i2.41
Sidabutar, A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Sight Singing Terhadap Hasil Belajar Musik Ansambel. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8758
Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Metode Kodaly Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Education Research (Ijoer), 2(1), 23–17. https://doi.org/10.37251/ijoer.v2i1.519
Walidaini, B. (2023). Penerapan Model Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Musik. Musikolastika Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(1), 62–72. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i1.116
Widodo, T. (2015). Pembelajaran Aransemen Musik Berbasis Teknologi Komputer Di Jurusan Musik FSP Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Promusika, 3(2), 119–128. https://doi.org/10.24821/promusika.v3i2.1695
Yetti, E., & Khairiah, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Musikalitas Melalui Bermain Alat Musik Dol. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 226–237. https://doi.org/10.21009/jpud.112.03
Yulianti, F. (2015). Model Pembelajaran Seni Musik Melalui Lesson Study: Studi Kasus Di SDN Jawilan, Serang. Resital Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 126–138. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.847
Zebua, T. B., Situmorang, J., & Mursid, R. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Apresiasi Terhadap Hasil Belajar Seni Musik Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (Jtp), 11(1), 60. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11197
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v7i1.4764
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni
E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.