Pemeranan Tokoh Rose dalam Naskah Perangkap Karya Eugene O’neill Terjemahan Faried W Abe dengan Metode Akting Stanislavky

SRI RAHAYU

Abstract


Pemeranan tokoh Rose dalam naskah Perangkap karya Eugene O’Neill terjemahan Faried W Abe merupakan bentuk penciptaan yang dilakukan oleh pemeran untuk mewujudkan tokoh Rose yang akan dipertunjukan di atas panggung, proses penciptaan tokoh Rose dimulai dari analisis naskah, kemudian analisis tokoh berdasarkan sosiologi, psikologi, dan fisikologi. Melalui pertunjukan naskah Perangkap karya Eugene O’neill memberi gambaran bahwa kehidupan yang diinginkan tidak selalu sesuai dengan Ekspektasi. Rose seorang pelacur jalanan, berusia 22 tahun namun tampak seperti 30 tahun-an. Wajahnya begitu kusam karena mengidap penyakit TBC, Rose menganggap hidupnya tidak berarti sedari kecil, ia menganggap kehidupan adalah sebuah kutukan yang harus ia jalani. Maka dari itu metode yang pemeran gunakan untuk mewujukan tokoh Rose dalam naskah Perangkap karya Eugene O’neill terjemahan Faried W Abe yaitu metode akting Stanislavsky dalam bentuk karakteristik tokoh yang harus dicapai pemeran dengan menggunakan ‘menjadi’ (to be),yaitu lakuan dikemas dengan bersandar pada ‘penghadiran’ tokoh dalam batin pemeran, beberapa tahapan yang pemeran gunakan antara lain, mengidentifikasi tokoh Rose, menubuhkan tokoh Rose, menjiwai tokoh Rose, mengontrol emosi tokoh Rose, mendandani tokoh Rose

Keywords


Pemeranan; Tokoh Rose; Perangkap; Metode Stanislavsky

Full Text:

PDF

References


Anirun, Suyatna. (1998). Menjadi Aktor. Bandung: PT Rekamedia Multiprakarsa.

Cahyanigrum Dewojati, Drama; Sejarah, Teori dan Penerapan, Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press,2010.

Harymawan, Dramaturgi, Bandung: CV. Rosdakarya, 2002.

Mitter, Shommit, Terjemahan Yudiariani, Stanislavsky, Brecht, Grotowsky, Brook: Sistem Pelatihan Lakon, MSPI dan Arti Yogyakarta, 2002.

Kamus Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan kebudayaan: jakarta, 1996.

Prof.Herman J. Waluyo. Drama, teori, dan pengajarannya, Yogyakarta:PT. Hanindita Graha Widya,2002.

Panuti Sudjiman. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: PT. Gramedia,1984.

Rikrik El Saptaria, Panduan Praktis Akting film & Teater, jakarta : Rekayasa Sains, 2006.

Stanislavsky, C.2008. Membangun Tokoh. Jakarta: Kepustakaan Populer Gremedia.

Yudiaryani,Panggung Teater Dunia,jogyakarta:pustaka gondho suli.2002

Sumber Lain

www.youtube.com, PementasanTeaterLakonPerangkap, Karya Eugene O’neil, TeaterKelurahan, Sutradara Daniel Godam, tahun 2014

www.youtube.com,Pementasan TeaterLakonPerangkap, Karya Eugene O’neil, TeaterSendratasik, UniversitasNegeri Surabaya, SutradaraJihanNunuwardhani, Tahun 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v3i1.2141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License