Mewujudkan Tokoh Sayoko dalam Naskah Sari Jeli Almond Karya Wishing Chong dengan Metode Akting Stanislavski ‘Magic If’

Dinda Fatriza, Pandu Birowo, Dede Pramayoza

Abstract


Artikel ini menguraikan tentang proses penciptaan peran dan pemeranan tokoh Sayoko dalam Naskah Sari Jeli Almond karya Wishing Chong. Sebagai suatu bentuk penciptaan dan penyajian, pemeranan tokoh Sayoko diawali dengan analisis karakter. Tokoh Sayoko adalah karakter yang memiliki kompleksitas masalah dalam kehidupannya yakni permasalahan dalam rumah tangga, yang dibayang-bayangi pula pula oleh permasalahan masa lalu. Masalah itu membuat Sayoko selalu memiliki konflik dengan suaminya, Tatsuro, yang dipertajam oleh tidak pekaan suaminya atas konflik yang juga dialaminya dengan kedua orang tuanya. Karakteristik tokoh Sayoko ini dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu; dimensi-dimensi tokoh Sayoko meliputi fisiologis, psikologis dan sosiologis, kedudukan tokoh Sayoko dalam teks, dan bentuk tokoh Sayoko. Perwujudan tokoh Sayoko dalam proses penciptaan ini menggunakan metode akting Stanislavski yaitu magic if. Magic If atau pengandaian yang ajaib harus pemeran wujudkan dengan beberapa tahapan, meliputi; observasi, imajinasi, ingatan emosi, dan mendandani tokoh.

Keywords


Pemeranan; Karakter Sayoko; Magic If-Stanislavski; Naskah lakon; Sari Jeli Almond

Full Text:

PDF

References


Adler, S. (2000). The Art of Acting (H. Kissel, Ed.). Applause, Inc.

Chemers, M. M. (2010). Ghost Light: An Introductory Handbook for Dramaturgy. Southern Illinois University Press.

Haikal, M., & Saaduddin, S. (2020). Pemeranan Tokoh Comol dalam Naskah Lautan Bernyanyi Karya Putu Wijaya dengan Metode Akting The System Stanislavsky. Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.26887/cartj.v3i1.2136

Harahap, E. (2023). Rancangan Dramaturgi Pertunjukan Heart Of Almond Jelly Karya Wishing Chong Terjemahan Teguh Hari Prasetyo, Dkk Dengan Gaya Realisme Dan Genre Tragikomedi [Skripsi]. ISI Padangpanjang.

Hardani, M. (2020). Mewujudkan Metode Akting Stanislavski dalam Lakon Matinya Pedagang Keliling (Death Of Salesman) Karya Arthur Miller. Creativity and Research Theatre Journal, 2(1), 69–79.

Harymawan, RMA. (1993). Dramaturgi. Remaja Rosdakarya.

Letwin, D., Stockdale, J., & Stockdale, R. (2008). Architecture of Drama: Plot, Character, Theme, Genre, and Style.

Lubis, A. H., Susanti, D., & Alamo, E. (2023). The Playing of Vasilli Svietlovidoff’s Character in Anton P. Chekhov’s Swan Song Translation of Djohan A Nasution With Method of Acting The Stanislavski System. Creativity and Research Theatre Journal, 5(2), 122–135. https://doi.org/10.26887/cartj.v5i2.4110

Oni, A. R., & Suryandoko, W. (2018). Teknik Penciptaan Tata Artistik Pada Naskah “Heartof Almond Jelly” Karya Wishing Chong Sutradara Dimas Adi Putra. Solah, 8(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/25743

Pramayoza, D. (2023). From Sacred Ritual to Theatrical Protest: Interdisciplinary Spectrum of Theater Studies in Indonesia. Perseitas, 11, 447–474. https://doi.org/10.21501/23461780.4644

Pramayoza, D., & Yuliza, F. (2023). Recreolization as Decolonial Dramaturgy: Tansi Language in Tonel Performance, Sawahlunto City. ETropic: Electronic Journal of Studies in the Tropics, 22(1), 53–78. https://doi.org/10.25120/etropic.22.1.2023.3967

Pratama, I., & Hutabarat, A. P. (2019). Akting Stanislavski: Sebuah Pengantar (Cetakan Kedua). Lampung Literature.

Pratiwi, E. (2015). Pemeranan Tokoh Sayoko Dalam Naskah Heart Of Almond Jelly Karya Wishing Chong Terjemahan Teguh Hari Prasetyo [Skripsi]. ISI Yogyakarta.

Primeisela, C., Wardiah, D., & Hasan, H. (2021). Realist Acting Approach Using Stanislavski Constantin Acting Method in Extracurricular Theater in MAN 1 Palembang. Melayu Arts and Performance Journal, 4(1).

Putra, D. A., & Abdillah, A. (2018). Teknik Penyutradaraan Naskah Heart of Almond Jelly Karya Wishing Chong. Solah, 8(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/25452

Saptaria, R. El. (2006). Acting Handbook: Panduan Praktis Akting Untuk Film & Teater. Rekayasa Sains Bandung.

Sitorus, E. D. (2002). The Art of Acting: Seni Peran untuk Teater, Film dan TV . Gramedia Pustaka Utama.

Stanilavski, C. (2008). Membangun Tokoh (B. V. Handayani, D. Oktavia, & T. Wahyuni, Trans.). Kepustakaan Populer Gramedia.

Stanislavski, C. (2008). Persiapan Seorang Aktor (A. Sani, Trans.). Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v6i2.4976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License