STRUKTUR DAN TEKSTUR PERTUNJUKAN OPERA BATAK LAKON “PEREMPUAN DI PINGGIR DANAU” SUTRADARA LENA SIMANJUNTAK

Ihda Hidayati

Abstract


Teater sebagai salah satu bentuk seni pertunjukan memiliki unsur-unsur pendukung dalam proses penciptaannya terutama naskah lakon. Naskah lakon menjadi salah satu unsur pendukung penciptaan teater, yang merupakan langkah awal sebagai landasan untuk memulai sebuah proses teater. Naskah lakon yang diolah menjadi pertunjukan teater tidak lepas dari dua unsur yaitu struktur dan tekstur. Pertunjukan Opera Batak Perempuan Di Pinggir Danau sutradara Lena Simanjuntak adalah salah satu aplikasi perwujudan proses teater yang berangkat dari naskah lakon yang mempunyai unsur struktur dan tekstur. Sehingga dapat dipahami oleh berbagai kalangan. Pertunjukan juga diolah dengan penataan yang maksimal mengikuti konvensi kebutuhan pertunjukan teater dan sudah digarap dalam bentuk pertunjukan konvensi-konvensi teater modern yang mengandung nilai-nilai yang lahir di tengah masyarakat, serta mampu memberikan pemahaman tentang kehidupan yang keras dan penuh persaingan. Pertunjukan mengisahkan seorang perempuan yang memperjuangkan dan mempertahankan pendapatnya untuk menjaga dan melestarikan alam yang kelak menjadi tempat hidup keturunannya. Dalam pertunjukan ini banyak konflik antar tokoh demi mempertahankan pendapat masing-masing dalam melestarikan alam, seperti situasi .

Keywords


Opera Batak; Lakon perempuan di Pinggir Danau

Full Text:

PDF

References


Dewojati, Cahyaningrum. 2010.Drama Sejarah Teori dan Penerapannya, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Harymawan,RMA. 1993.Dramaturgi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hutari, Fandy.2009. Sandiwara Dan Perang, Yogyakarta:Ombak.

Poerwadarminta, W.J.S. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka.

Purba, Krismus. 2002.Opera Batak Tilhang Serindo. Yogyakarta: Kalika.

Siahaan, E.K. 1981-1982.Tilhang Oberlin Gultom, Hasil Karya dan Pengabdiannya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Simanjuntak, Lena. 2013. Opera Batak Perempuan Di Pinggir Danau Woman At Lake’s Edge Frauen Am Rande Des Sees Borua Nadi Duru Ni Tao, Yogyakarta: Katakita.

Waluyo,Herman J. 2003.Drama Teori dan Pengajarannya, Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

SUMBER INTERNET:

http://utamidk@jurnas.com, diakses 25/02/2014, 12:56 pm.

http://www.mahasiswabatak.com/2013/01/review-opera-batak-boru-nadi-duru-ni.html, diakses 23/2/2014, 06:33 am.

http://monyfirstabellasigiro.blogspot.com/2013/01/makalah-opera-batak.html, diakses 23/2/2014, 06:09 am.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v1i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License