Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Journal EDUCRAFT?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang harus ditampilkan secara akurat di kertas. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk mendukung orang lain mereplikasi karya tersebut. pernyataan yang menunjukkan atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku etis yang tidak dapat diterima. Artikel publikasi profesional juga harus akurat dan objektif, dan editorial karya 'opini' harus diidentifikasi dengan jelas.

2. Eksklusivitas Pekerjaan

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, ini harus dikutip atau dikutip dengan tepat. Plagiarisme memiliki banyak bentuk, mulai dari 'melewatkan' makalah orang lain sebagai makalah penulis sendiri hingga merekam sebagian besar besar makalah orang lain (tanpa atribusi), hingga mengklaim hasil penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Plagiarisme dalam segala bentuk merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan manuskrip yang menggambarkan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama.Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Secara umum, seorang penulis tidak boleh mengirimkan untuk dipertimbangkan di jurnal lain makalah yang diterbitkan sebelumnya. Kami mempertimbangkan untuk publikasi dari makalah konferensi jika itu hanya versi diperpanjang dari makalah konferensi dengan setidaknya 30% dari materi baru.

3. Bahaya dan Subyek Manusia atau Hewan

Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur, atau peralatan yang memiliki bahaya tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus mengidentifikasinya dengan jelas dalam manuskrip. Jika pekerjaan melibatkan penggunaan subjek hewan atau manusia, penulis harus memastikan bahwa manuskrip berisi pernyataan bahwa semua prosedur dilakukan sesuai dengan undang-undang dan pedoman institusional yang relevan dan bahwa komite institusional yang sesuai telah menyetujuinya. Penulis harus menyertakan pernyataan dalam naskah bahwa persetujuan diperoleh untuk eksperimen dengan subyek manusia. Hak privasi subjek manusia harus selalu diperhatikan.

4. Kepengarangan Makalah dan Hak Cipta

Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi karya yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Sementara mereka yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak pantas disertakan pada makalah, dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk dipublikasikan. Naskah tidak dapat diterbitkan kecuali disertai dengan perjanjian publikasi yang ditandatangani, yang berfungsi sebagai pengalihan hak cipta dari penulis ke penerbit. Salinan perjanjian itu diperlukan setelah kertas diterima.

5. Pengakuan

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat karya yang dilaporkan. Informasi yang diperoleh secara pribadi, seperti dalam percakapan, korespondensi, atau diskusi dengan pihak ketiga, tidak boleh digunakan atau dilaporkan tanpa izin tertulis yang eksplisit dari sumbernya. Informasi yang diperoleh selama layanan rahasia, seperti manuskrip referensi atau aplikasi hibah, tidak boleh digunakan tanpa izin tertulis yang jelas dari penulis karya yang terlibat dalam layanan ini.

6. Persyaratan Pengungkapan

Penulis ketika mengirimkan naskah, harus mengungkapkan afiliasi atau keterlibatan yang berarti, baik langsung maupun tidak langsung, dengan organisasi atau entitas mana pun yang memiliki kepentingan keuangan langsung dalam materi pelajaran atau materi yang dibahas (misalnya, pekerjaan, konsultan, kepemilikan saham, hibah, paten diterima atau tertunda, royalti, honorarium, keterangan ahli). Keterlibatan keuangan semacam ini cukup umum, tidak dapat dihindari, dan umumnya bukan merupakan dasar untuk menolak sebuah naskah. Spesifik pengungkapan akan tetap dirahasiakan. Jika dianggap tepat oleh Editor Ilmiah, pernyataan umum mengenai pengungkapan akan dimasukkan dalam bagian Pengakuan dari manuskrip.

7. Kesalahan dalam Karya yang Diterbitkan

When an author discovers a significant error or inaccuracy in his/her own published work, it is the author’s obligation to promptly notify the journal editor or publisher and cooperate with the editor to retract or correct the paper. If the editor or the publisher learns from a third party that a published work contains a significant error, it is the obligation of the author to promptly retract or correct the paper or provide evidence to the editor of the correctness of the original paper.

8. Disclaimer

Opinions expressed in articles published in the Educraft are those of the author(s) and do not necessarily represent opinions of the ISI Padang Panjang. The Educraft jurnal does not guarantee the appropriateness for any purpose of any method, product, process, or device described or identified in an article. Trade names, when used, are only for identification and do not constitute endorsement by Educraft jurnal.

9. Manuscript Preparation

Use the English language and the SI system (Système International d'Unités, often referred as "International Units") for measurements and units. Manuscript in MS Word or PDF format (generated from MS Word) is to be submitted online through https://journal.isi-padangpanjang.ac.id. The length of manuscript is expected not to exceed 20 printed pages (single space) including abstract, figures, tables and references. An abstract between 150 and 200 words describes the significance of manuscript should be included. The authors should supply 3-5 keyword or phrases that characterizes their manuscript. Use 12 pt Times New Roman fonts for body of the text with 1.15 line spacing between lines. The references should be numbered consecutively in the order of their appearance and should be complete, including authors’ initials, the title of the paper, the date, page numbers, and the name of the sponsoring society. Figures are printed in black & white, while color figures are only available online. Adjust the size of figures and tables as they will be appeared. All figure captions should be legible, minimum 8 point type. For all equations, use either Microsoft Equation Editor or MathType add-on. Equations are numbered consecutively in parenthesis, e.g. (1), and set at the right margin.

Template Jurnal dapat diunduh di  sini  dan Pedoman Penulis dapat diunduh  di sini

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Kiriman belum pernah diterbitkan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar kepada Editor).
  2. Pengiriman file dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teksnya satu spasi; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis , yang dapat ditemukan di Tentang Jurnal.
  6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi di dalam Tinjauan Buta telah diikuti.
 

Copyright Notice

Hak Cipta dari Educraft

Hak atas cipta artikel ini dialihkan ke Institut Seni Indonesia Padang Panjang jika dan pada saat artikel tersebut diterima untuk diterbitkan. Yang bertanda tangan di  bawah  ini mempersiapkan setiap dan semua hak di dalam dan di atas kertas termasuk namun tidak terbatas pada semua hak cipta kepada Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Yang bertanda tangan di ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia penulis adalah makalah tersebut, kecuali untuk bahan yang disebutkan secara jelas disebutkan sumbernya, dengan pemberitahuan dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kuasa dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan tugas ini.

Kami menyatakan bahwa makalah ini belum pernah diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.

Selanjutnya, Saya/Kami dengan ini menentukan hak penerbitan seluruh makalah tersebut di atas secara tidak terbatas kepada Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Pengalihan hak ciptakan hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak, reproduksi, fotografi, bentuk mikro, formulir elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.

Penulis yang bertanggung jawab dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua rekan penulis. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan pengaturan atau urutan penulisan yang tercatat tidak akan diterima.

Hak/Syarat dan Ketentuan yang Dipertahankan

Meskipun penulis memungkinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian besar dalam karya lain, ini tidak akan menawarkan permintaan pihak ketiga untuk pencetakan ulang, penerbitan ulang, atau penggunaan ulang jenis lain.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.