ORNAMEN MELAYU DITINJAU DARI KETEPATAN WARNA, MODIFIKASI MOTIF, REPETISI, DAN KERUMITAN MOTIF

Dania Rahmadani, Sugito Sugito, Adek Cerah Kurnia Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang karya ornamen Melayu siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan yang ditinjau dari keragaman warna, bentuk modifikasi motif, repetisi, dan kerumitan motif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Medan dan objek penelitian adalah karya gambar ornamen Melayu berjumlah 20 karya siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa nilai rata-rata karya secara keseluruhan dikategorikan baik dengan rata-rata 83, 08 (baik). Karya ornamen Melayu dinilai berdasarkan aspek ketepatan warna, modifikasi motif, repetisi, dan kerumitan motif. Aspek penilaian dengan nilai tertinggi adalah modifikasi motif dengan nilai rata-rata 83,83, yaitu sudah mampu memberikan ide yang lebih menarik lagi dalam memodifikasi motif. Aspek ketepatan warna dengan nilai rata-rata 82, 77, yaitu warna yang digunakan sudah sesuai dengan warna yang terdapat pada ornamen Melayu dan sudah mampu memvariasikan keragaman warna. Aspek kerumitan motif dengan nilai rata-rata 82, 04, yaitu variasi ukuran motif yang sudah tertata dan menyatu, dan aspek repetisi dengan nilai rata-rata 83,5 yaitu pengulangan susunan bentuk sudah kontinue. Apabila di rincikan secara keseluruhan berdasarkan capaian siswa, maka karya dengan kategori sangat baik berjumlah 1 karya ornamen sebesar 10%. Kategori baik berjumlah 19 karya ornamen sebesar 90% dan karya dengan kategori cukup tidak ada


Keywords


Ornamen Melayu, warna, modifikasi motif, repetisi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sinar, Tuanku Lucman, 2007. Motif Dan Ornamen Melayu. Medan: Yayasan Kesultanan Serdang.

Meyer, Franz Sales, 1957. Handbook Of Ornament. New york: Dover Publication.

Pramuniati, Isda, 2016). Buku Podoman Standar Oprasional Prosedur (Sop) Penyelesaian Tugas Akhir (Skripsi). Medan: Unimed Press.

Saragi, Daulat. 2017. Jenis Motif Dan Nilai Filosofi Ornamen Traisional Sumatera Utara . Yogyakarta: Thafa Media Yogyakarta.

Sembiring, Dermawan, 2014. Wawasan Seni. Medan: Unimed Pres.

Sirait, Baginda, 1980). Pengumpulan Dan Dokumentasi Ornamen Tradisional Di Sumatera Utara. Medan: IKIP Medan.

Sugito, Anam Ibrahim, dkk, 2020. Evaluasi Hasil Belajar Seni Rupa. Medan: Unimed Press.

Sugito dkk, (2017). Metode Pendidikan Seni Rupa . Medan: Unimed Pres.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta .

Hasanah, U., & Erdansyah, F. “Prinsip Seni Rupa Dalam Menggambar Ornamen Melayu”. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9 (2), 444-450.

Zulkifli & R. Triyanto, (2018). Nirmana Dwimatra. Medan: Unimed Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v2i2.3786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id |  HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/