Pemanfaatan Limbah Plastik dalam Pembelajaran Prakarya Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 5 Padang Panjang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuhri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.
Adlini, M. N. Dkk (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 6/1. Enrekang: Universitas Muhammadiyah.
Ari Darmawan, (2020). Sustainable Waste Management Practices in Education. Jakarta: Pustaka Lingkungan.
Damanhuri, E. (2019). Pengelolaan Sampah Terpadu. ITB Press.
Fantika, Feny Rita, dkk. (2022). Metodologi Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Feldeman, D. C. (1987). The dynamics of
Handayani, W. & Nugroho, S. (2020). Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan kerajinan dalam Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya.
Hendro, Eko Punto. (2020). Arti Fungsi da Implikasi Metodologisnya. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi 3(2), 158-165.
Jambeck, J. (2015). “Plastic Waste Inputs from Land Into the Ocean.” Science, 347(6223), 768-771.
Johnson, D. W. (1991). Cooperation and competition: theory and research. 114:75-87.
Kurniasih. dkk. (2021). Teknk Analisa. Bandung: Alfabeta
Kusumowati, Titin. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik sebagai Media Lukis dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMK Negeri 8 Surabaya. Jurnal Seni dan Budaya
Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2021). Laporan Tahunan Pengelolaan Sampah Plastik. Jakarta: KLHK
Lexy, J. Moleong. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung
Munadirah, N. (2018). Pembelajaran Seni Kriya melalui Pemanfaatan Limbah Kertas pada Siswa Kelas VII. C SMP Negeri 3 Bajeng Kabupaten Goa. Makassar: UNISMUH.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Najib, U. R. I. F. (2020). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik untuk dijadikan produk Aksesoris Fesyen. Jurnal atrat, 7(3), 09/2019. Bandung, Jawa Barat.
Noviearty, L. (2019). Manajemen pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Universitas plangka raya.
Rachman, J. Z & Maulidya, S. (2024). Pembelajaran prakarya sebagai sarana pengembangan keterampilan & kreativitas siswa di MTSN 8 Jakarta. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Rina, A. (2020). Pendidikan Lingkungan hidup dalam Kurikulum Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Santrock, J. W. (2009). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Sidiq, Umar & Moh. Miftachul, C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di bidang Pendidikan. Ponogoro: CV. Nata Karya.
Siyoto, Sandu & M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja grafindo persada.
Sudarmono, (2020). Manajemen Limbah Plastik: Solusi untuk Masa Depan Berkelanjutan. Jakarta: Pustaka Pendidikan
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, (2020). Pendidikan Berbasis Lingkungan: Persepektif dan Implementasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Trianto, (2024). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka
Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 Tentang pengelolaan Sampah
United Nations Environment Programme (UNEP), (2023). Sustainable Waste Managemant Practices. UNEP
UNESCO, (2018). Education For Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO Publishing.
Wijaya, M. (2022). pengelolaan Limbah Plastik untuk Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Ekologi dan Lingkungan
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v4i2.5882
EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id | HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/