ANALISIS KITAB BATU KARYA MUSIK GATOT DANAR SULISTIYANTO

Iwang Prasiddha Lituhayu

Abstract


Kitab Batu adalah sebuah music karya komponis muda Gatot Danar Sulistiyanto. Karya ini dikarang pada 2011 dan telah mendapatkan beberapa kesempatan pementasan bergengsi, antara lain di Belanda dan di Indonesia. Dalam karya untuk tujuh instrument dan satu vocal perempuan ini Gatot menggunakan mantra sebagai salah-satu idiom pada struktur komposisinya. Pengalaman kebudayaannya sebagai orang Jawa sangat mempengaruhi laku kekaryaannya sebagai komponis. Dalam penelitian ini diteliti lebih jauh bagaimana latarbelakang budaya Jawa komponis berpengaruh pada ekspresi kekaryaan; bagaimana pertautan antara hal-hal teknis seputar kaidah komposisi music dalam hubungannya dengan pandangan spiritualitas individu (komponis). Secara umum penelitian ini jugamelihat konteks lebih luas yaitu music kontemporer Indonesia dan audiens. Digunakan pendekatan kualitatif dengan mengutamakan penggalian subjek melalui wawancara untuk menemukan metodologi individu dalam kaitannya dengan proses penciptaan musik.

Keywords


Kitab Batu, Musik Kontemporer, Musik Kontemporer Indonesia, Jawa

Full Text:

PDF

References


LE, Sumaryo. Komponis, Pemain Musik dan Publik. Pustaka Jaya. Jakarta. 1981

Hardjana, Suka. Corat-coret Musik Kontemporer Dulu dan Kini. MSPI. Jakarta.2003

Copland, Aaron. Music and Imagination. Mentor Book. America. 1952.

DeNora, Tia. After Adorno: Rethinking Music Sociology. 2003

Sjukur, Slamet Abdul. Sluman SlumunSlamet. Art Music Today.

Setiawan, Erie. Intuisi Musikal dan Yang Alamiah dari Peristiwa Musik. Art Music Today. 2015

Jurnal

Ben Pasaribu. Kaleodoskip Komponis Dalam Musik Kontemporer Indonesia. Jurnal Etnomusikologi. Vol. 1 No. 2. September 2005.

Narasumber:

Gatot D. Sulistiyanto.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v19i2.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats