PENGARUH IDIOM MUSIK LOKAL DALAM MEMBENTUK DIMENSI INTERKULTURAL PADA PERMAINAN GENDANG DANGDUT KOPLO

DENIS SETIAJI

Abstract


THE INFLUENCE OF LOCAL MUSICAL IDIOM ESTABLISHING INTERKULTURAL SECTION IN THE STYLE PATTERN OF GENDANG DANGDUT KOPLO

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk melihat bagaimana pengaruh musik lokal terhadap perkembangan permainan gendang dangdut koplo. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode fenomenologi dengan melakukan studi lapangan ke sejumlah praktisi gendang dangdut koplo di wilayah Solo Raya serta penelusuran data melalui virtual field work. Penulis mencoba melakukan analisis musikal pada pola permainan gendang dan menelusuri sumber pola permainan gendang pada idiom musikal sejumlah kesenian lokal dari beberapa wilayah budaya yang tersebar di Pulau Jawa. Pola permainan gendang dangdut koplo pada akhirnya terbentuk melalui pengaruh sejumlah idiom musikal kesenian lokal yang diolah melalui kreativitas praktisi dangdut koplo sehingga menghasilkan produk musikal yang membentuk ruang antar budaya.

Abstract

The following research focused to explain about the influence of local music for developing of drum pattern of dangdut koplo. This research used phenomenology as approach also filedwork activity and depth interview with dangdut koplo’s musician around Solo City and collecting data by virtual fieldwork. The research analyzed of musical material between the dangdut koplo’s drum pattern with  the other pattern both local or traditional musical expression who spread variously around island of Java. The analyzed carefuly showing that the style of drum pattern of dangdut koplo was formed by musician who inspired, influenced, and stimulated through idiom of local music, constructing musical expression who establish of intercultural section


Keywords


dangdut koplo; pola gendang; interkultural

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Alfian, Pandu Rizki. “Musik Dangdut koplo Menurut Perspektif Teori Simulacra Jean Baudrillard”. Skripsi. Program Studi Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2014.

Alwi, Hasan dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2001.

Aspinall, Edward, and Greg Fealy. Local Power and Politics in Indonesia: Decentralisation & Democratisation. Singapore: ISEAS, 2003.

Alfalah, Alfalah. 2013. “Perkembangan Talempong Tradisi Minangkabau Ke ‘Talempong Goyang’ Di Sumatera Barat.” Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni 15(1).

Aspinall, Edward, and Greg Fealy. Local Power and Politics in Indonesia: Decentralisation & Democratisation. Singapore: ISEAS, 2003.

Bagus, Loren. 2005. “Kamus Filsafat, Cet Ke-4.” Jakarta: Gramedia.

Brislin, Richard W. and Dan Landis. 1983. Handbook of Intercultural Training. Pergamon Press.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Vol. 2. Kencana.

Burnard, Pamela, Elizabeth Mackinlay, and Kimberly Powell. 2016. The Routledge International Handbook of Intercultural Arts Research. Routledge.

Dijk, Kees van, A Country in Despair: Indonesia Between 1997-2000. Leiden: KITLV Press, 2001.

Hendrizal, Hendrizal. 2013. “Studi Analisis: Nilai-Nilai Estetika Lokal Dalam Musik Gamat.” Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni 15(1).

Novandhi, Nanda Kurnia and Setyo Yanuartuti. 2020. “BENTUK MUSIK DAN MAKNA LAGU GARUDA PANCASILA.” Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni 22(2):113–23.

Quroatun’uyun, Zafirah. 2020. “The Dynamics of Industrialization in Dangdut Music Culture on Television with CDA Concept.” Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni 22(2):17–31.

Raditya, Michael Haryo Bagus. “Esensi Senggakan Pada Dangdut Koplo Sebagai Identitas Musikal”. Tesis. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, 2013.

Sapoetra, Karta. 1987. “Sosiologi Umum.” Jakarta: Bina Aksara.

Sobur, Alex. 2013. Filsafat Komunikasi: Tradisi Dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sukidin, Basrowi. 2002. “Metode Penelitian Perspektif Mikro: Grounded Theory.” Fenomenologi, Etnometodologi, Etnografi, Dramaturgi, Interaksi Simbolik, Hermeneutik, Konstruksi Sosial, Analisis Wacana, Dan Metodologi Refleksi, Surabaya: Insan Cendekia.

Shuker, Roy. Understanding Popular Music. London: Taylor and Francis e-library, 2005.

Weintraub, Andrew N. 2013. “The Sound and Spectacle of Dangdut Koplo: Genre and Counter-Genre in East Java, Indonesia.” Asian Music 160–94.

. Dangdut Stories: A Social and Musical History Of Indonesia’s Most Popular Music. New York: Oxford University Press, 2010.

. Dangdut : Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia. Jakarta: KPG, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International