ANALISIS SEMIOTIKA ARSITEKTUR BANGUNAN PELABUHAN TELUK NIBUNG SEBAGAI WUJUD IDENTITAS TANJUNG BALAI KOTA KERANG

Sri Wahyuni Panjaitan, Dede Pramayoza

Abstract


Artikel ini membicarakan tentang Pelabuhan Teluk Nibung yang terletak di Kota Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara. Pelabuhan tersebut kini mengalami perubahan arsitektur, yang memberikan ciri khas dari kota Tanjung Balai Asahan sebagai Kota Kerang. Mengunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce, tulisan ini menguraikan perihal semiotika arsitektur bangunan, yang dipandang sebagai bahasa simbol atau tanda yang dapat memberikan informasi melalui bentuk-bentuk dan pesan tertentu kepada target audience. Penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat berdasarkan objek semiotika, yakni ikon, indeks dan simbol, maka arsitektur bangunan Pelabuhan Teluk Nibung merupakan wujud identitas kota Tanjung Balai Asahan, yang dikenal kota Kerang. Salah satu wujudnya adalah bangunan berbentuk seperti salah satu jenis cangkang kerang yaitu jenis kerang Kepah.

Abstract

This article discusses the Teluk Nibung Harbor located in Tanjung Balai Asahan City, North Sumatra. The port is now undergoing architectural changes, which give the characteristics of the city of Tanjung Balai Asahan as the City of Shells. Using the semiotic analysis method of Charles Sanders Peirce, this paper describes the semiotics of building architecture, which is seen as a language of symbols or signs that can provide information through certain forms and messages to the target audience. The research shows that when viewed based on semiotic objects, namely icons, indexes, and symbols, the Teluk Nibung Harbor building architecture is a manifestation of the identity of the city of Tanjung Balai Asahan, which is known as the city of Shells. One of its forms is a building shaped like one type of clamshell, namely the Kepah type of shell.


Keywords


Semiotika; Arsitektur; Pelabuhan Teluk Nibung; Identitas; Tanjung Balai

Full Text:

PDF

References


Drs. Alex Sobur, M. S. (2009). Semiotika Komunikasi (Keempat). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Marcel Danesi. (2011). Pesan, Tanda dan Makna (Alfathri Adlin (ed.); 2nd ed.). Jalasutra.

Muktiono, A. (2018). Kajian semiotika arsitektur masjid at-tin. ARJOUNA, 02(02), 78–90.

Panjaitan, S. W., Studi, P., Interior, D., Utama, U. P., & Asahan, T. (2019). Perancangan identitas kota tanjungbalai asahan dengan memanfaatkan objek kerang. Jurnal Proporsi, 4(2), 136–148.

Prihutama, M. (2020). Kajian Konsep Arsitektur Metafora Pada Bangunan Bertingkat Tinggi. Jurnal Arsitektur ZONASI, 3(2), 220–232. https://doi.org/10.17509/jaz.v3i2.25057




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.1618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International