KREATIVITAS ANJAS GITARANI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI PENYANYI CAMPUR SARI

DWI HANDOKO, SANTOSA SANTOSA

Abstract


The increase in campursari singers has led to competition between singers in the campursari music world. This study aims to determine how the creativity of Anjas Gitarani in maintaining his existence as a campur sari singer. This study uses a qualitative descriptive research approach. The results of this study are Anjas Gitarani is a dangdut singer, and campursari has an inherent characteristic. The first is the vocal characteristics, rocking characteristics, and using mask properties. These three things form the attributes of Anjas. If you only rely on talent, other talents might be better, and if you only rely on swaying, there will be other swings that people might prefer; if you rely on a property, other singers can follow suit. But if all three are combined into one in Anjas' body, it becomes a trait that is difficult for other singers to follow and can increase his existence as a campursari singer.

ABSTRAK

Bertambahnya penyanyi-penyanyi campur sari memunculkan persaingan antar penyanyi di dunia musik campursari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas Anjas Gitarani dalam mempertahankan eksistensi sebagai penyanyi campur sari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Anjas Gitarani sebagai seorang penyanyi dangdut dan campursari memiliki ciri khas yang melekat pada dirinya. Pertama adalah ciri khas vokal, ciri khas goyang, dan ciri khas penggunaan properti topeng. Ketiga hal itu yang membentuk ciri pada diri Anjas. Jika hanya mengandalkan bakat, masih ada bakat lain yang mungkin akan lebih baik, jika hanya mengandalkan goyangan, akan ada goyangan-goyangan lain yang kemungkinan lebih disukai oleh masyarakat, jika mengandalkan properti juga bisa diikuti oleh penyanyi yang lain. Tetapi jika ketiganya digabungkan menjadi satu di dalam tubuh Anjas, menjadi ciri yang susah diikuti oleh penyanyi yang lain dan dapat meningkatkan eksistensinya sebagai penyanyi campur sari


Keywords


Kreativitas; Anjas Gitarani, Eksistensi; Penyanyi Campur Sari

Full Text:

PDF

References


Bramasta, D. B. (2018). Musik Dangdut Identik dengan Goyangan, Mengapa? ” kompas.com (blog). 2018.https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/04/113000865/musik-dangdut-identik-dengan-goyangan-mengapa-?page=all .

Campbell, D. (2017). Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Gitarani, A. (2020). Wawancara Penelitian. Surakarta.

Hidajat, R. (2014). Fungsi dan Proses Pembuatan Topeng di Kabupaten Malang Jawa Timur. Dinamika Kerajinan dan Batik, Vol. 31, No. 1, Juni 2014.

Juliandi, A., & Irfan. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif untuk ilmu-ilmu bisnis. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Kobi, M. F. (2017). Campursari : Bentuk Lain dari Kesenian Gamelan yang diterima di Masa Modern. Jurnal Warna Vol.1, No.1, Juni 2017 , :2.

Martono, I. A. (2017). Topeng Etnik Nusantara Dalam Perkembanagan Budaya Global . MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1, Februari 2017 .

Maulana, A. (2011). Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Absolut.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, C. S. (2015). Pembelajaran Vokal Dengan Metode Solfegio Pada Paduan Suara Gracia Gitaswara Di Gkj Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. JSM 4 (1) (2015) Jurnal Seni Musik Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jsm .

Saputri, T. S. (2017). Topeng Etnik Nusantara Dalam Perkembanagan Budaya Global. . MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1, Februari 2017123p 123 – 130 .

Suanda, E. (2005). Topeng. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Wiyoso, J. (2007). Jejak Campursari (The Histori of Campursari). . Harmonia Jurnal Pengetahuan Femhoran Seni 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i2.1749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International