AKULTURASI MUSIK MINANG PADA MUSIK TARI PAYUNG DALAM PERTUNJUKAN RONGGENG

Nofridayati Nofridayati

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui musik  tari Payung dalam pertunjukan ronggeng yaitu  keberadaan dan bentuknya. Keberadaan musik  tari Payung pada dasarnya lebih mengarah pada teknik. Teknik yang dimaksud meliputi penyajian musik dan vokalnya. Dalam penyajiannya terjadi akulturasi di mana tarian maupun musiknya terdapat nuansa selendro (Jawa), Gamad (Melayu) dan Minangkabau (pantun-pantunnya). Para penari terdiri dari 3 orang yang secara bergantian berperan baik untuk menyanyi maupun untuk menari (1 orang menari memegang payung dan 1 orang lagi memegang selendang). Ketika salah satu bernyanyi yang lainnya menari. Uniknya dalam bernyanyi mereka menyanyikan melodi lebih tinggi 1 oktaf untuk mengakhiri setiap frase dari melodi tersebut yang disebut nada pakiak. Nada pakiak ini dinyanyikan dalam satu pernafasan.

Keywords


Gaya Musik; Akulturasi; Pasaman Barat

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. 1997. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Afifah Asriati. 1997. Laporan penelitian ” Pertunjukan Ronggeng di Aur Kuning Kec. Pasaman Kab. Pasaman ” Padangpanjang: ASKI.

Boestanul Arifin Adam dkk. 1980. Hasil penelitian ” Kesenian dan Adat di Sumatera Barat ”. Padangpanjang:ASKI.

Erizal dkk. 1994. Laporan penelitian ”Gondang Oguang di Muaro Lembu Kecamatan Singingi Indragiri Hulu Propinsi Riau. Padangpanjang: ASKI.

Idrus Hakimi. 1991. Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, dan Pidato Alua Pasambahan Adat Minang Kabau. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Koentjaraningrat. 1979. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Merriam, Alan P. 1964. The Anthropology of Music. London: Northwestern University Press.

Pono Banoe. 1985. “Kamus Musik.” Jakarta: CV. Baru.

Prier, Karl Edmund Sj. 1997. Ilmu Bentuk dan Analisa Musik. Yogyakarta.

Sedyawati, Edy. 1981. Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan.

Stein, Leon. Structure & Style: The Study and Analysis of Musical Forms. Summy- Birchard Music.

Sumaryo, L.E. 1998. Komponis, Pemain Musik dan Publik. Jakarta: Pustaka Jaya.

Takari, Muhammad. 1998. Thesis ”Ronggeng Melayu Sumatera Utara: Sejarah, Fungsi dan Strukturnya.” Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.

WJS. Poerdarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yakin, Imal. 1996. Makalah ”Musik Pengirng Ronggeng di Desa Talu Pasaman Sumatera Barat”. Padangpanjang: ASKI.

Yunita, Yenni. 2004. Skripsi ”Tari Payung Dalam Pertunjukan Ronggeng Pada Masyarakat Kampung Cubadak Pasaman Barat”. Padangpanjang: STSI.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v14i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International