KREATIVITAS DAN IMAJINASI SUTRADARA MEMBANGUN PERISTIWA TEATER MENUJU RUANG PUBLIK

Yusril Yusril

Abstract


Peristiwa teater di ruang publik dibangun oleh daya kreativitas dan imajinasi sutradara yang tinggi. Teater harus akrab dengan masyarakatnya sehingga tidak ada jarak antara tontonandengan apa yang ditonton. Teater Orang-Orang Bawah Tanah sebagai pengisi ruang kreatif menawarkan definisi baru terhadap konsep teater modern Indonesia. Memanfaatkan ruang publik yang lebih luas menjadikan bentuk teater ini disebut juga sebagai teater “akrab”. Teater ini akrab dengan ruang, pemain, dan penonton sehingga pertunjukan menjadi milik publik yang berada dalam ruang yang sama. Pertunjukan teater di ruang publik memiliki idiom-idiom tertentu yang sekaligus menjadi kekhasan yang tidak dimiliki pertunjukan yang dipentaskan di gedung prosenium maupun arena. Ruang publik juga memiliki tantangan dalam penggarapan sebuah teater. Ruang tanpa batas memungkinkan untuk dieksplorasi agar tontonan menjadi akrab dengan masyarakatnya. Teater akrab ini tidak hanya mengakrabkan dirinya dengan masyarakat penonton namun juga mengakrabkan seluruh hal seperti naskah dengan sutradara, sutradara dengan aktor, pemusik dan pendukung lainnya. Keakraban ini memunculkan sesuatu yang memiliki nilai yang sangat demokratis dalam penggarapan sebuah pertunjukan.

Keywords


Teater; ruang publik; kreativitas; imajinasi

Full Text:

PDF

References


Bandem, I Made dan Sal Murgiyanto. Teater Daerah Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Budaya dan Kanisius.

Hadi, Wisran. 1988. “Randai As Symbolic Interpretation Of Minangkabau Social Realities”. Tulisan ini disiapkan sebagai outline dari draft disertasi yang telah dikirimkan ke Tisch Scool, New York University USA dengan promotor Prof.Phillips Zarilly.

Hadi, Wisran. 1991. “Dari Naskah ke Pementasan”. Ceramah Teater. Padang: Taman Budaya Sumatra Barat.

Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: CV Rosda.

Hussain, Safian dkk., 1996. Glosari Istilah Kesusastraan. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kemerdekaan Pendidikan Malaysia.

Junus, Umar, 1985. Dari Peristiwa ke Imajinasi Wajah Sastra dan Budaya Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Soedarso. 1998-2001. “Kreativitas Seni Pertunjukan Indonesia”. Seminar Internasional Seni Pertunjukan Indonesia 24-25 Juli 2001. Surakarta: STSI.

Stanislavsky. 1980. Persiapan Seorang Aktor. Jakarta: Pustaka Jaya. Diterjemahkan oleh Asrul Sani




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v14i1.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPMPP Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: red.ekspresiseni@gmail.com 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


View My Stats