SYMBOLIC MEANING OF COSTUMES AND PROPERTY GONG DANCE OF THE DAWAN TRIBE NANSEAN VILLAGE

Kadek Paramitha Hariswari, Flora Ceunfin, Yohanis Devriezen Amasanan

Abstract


Gong Dance is a profane dance of the Dawan Tribe community in Insana District, North Central Timor (TTU) Regency, East Nusa Tenggara Province which is usually danced in various events, both traditional events and as a reception dance.a symbol of authority, toughness, courage and masculinity of a Dawan tribe man. In particular, the symbolic meaning of Gong Dance is analyzed in terms of the costumes and properties used which are divided into three parts, namely the head which consists of pilu and pet no’o, body part consists of foke, molo, kain beti, pasu, sbeta and aluk. The leg consists of poentuf, bukhaef and giring-giring. While the properties of the gong dance are sumi and selendang. To analyze the symbolic meaning of the costumes and properties of the gong dance using qualitative descriptive analytical methods. Data obtained through observation and interviews as well as documentation.

Keywords: Gong Dance; Symbolic Meaning; Costume and Property


MAKNA SIMBOLIK PADA KOSTUM DAN PROPERTITARI GONG SUKU DAWAN DESA NANSEAN 


Abstrak

Tari  Gong merupakan sebuah tari profan masyarakat Suku Dawan yang ada di Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur yang biasanya ditarikan dalam berbagai acara baik acara adat maupun sebagai tarian penerimaan tamu. Tari Gong secara umum dimaknai oleh masyarakat Suku Dawan sebagai simbol kewibawaan, ketangguhan, keberanian dan kejantanan seorang laki-laki Suku Dawan. Secara khusus, makna simbolik Tari Gong dianalisis dari segi kostum dan properti yang digunakan yang terbagi menjadi tiga bagian yakni bagian kepala yang terdiri dari pilu dan pet no’o, bagian badan terdiri dari foke, molo, kain beti, pasu, sbeta dan aluk. Bagian kaki terdiri dari poentuf, bukhaef dan giring-giring. Sedangkan properti tari gong adalah sumi dan selendang. Untuk menganalisis makna simbolik kostum dan properti tari gong menggunakan metode kualitatif deskriptif analitikal. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara serta dokumentasi.

Kata Kunci: Tari Gong, Makna Simbolik, Kostum dan Properti


Keywords


Tari Gong; Makna Simbolik; Kostum dan Properti

Full Text:

PDF

References


Deda, Yohanis Ndapa., Hermina Disnawati. 2017. Hubungan Motif Kain Tenun Masyarakat Suku Dawan – Timor Dengan Matematika Sekolah. Prosiding. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haviland, William A. 1988. Antropologi. Terj. Soekadijo R. G. Jakarta: Erlangga.

Herusanto, Budiman. 2005. Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita.

Kojaing, Katharina. 2017. Musik Sako Seng Dan Akulturasi: Fenomena Kebudayaan Ditinjau Dari Segi Dampaknya Pada Masyarakat Watublapi Flores Ntt. Jurnal Ekpresi Seni, Vol.19, No.1.

Nofitri, Misselia. 2015. Bentuk Penyajian Tari Piring Di Daerah Guguak Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ekspresi Seni, Vol.17, No.1.

Suherni. 2005. Tari Asyik Dari Ritual Magis Ke Seni Pertunjukan Di Desa Siulak Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi. Jurnal Ekspresi Seni, Vol.14 No.5.

Sunarto., Agustinus Renaldus Afoan Elu. 2018. Bentuk dan Makna Gong Timor dalam Upacara Ritual Tfua Ton di Napan. Jurnal Resital, Vol.19, No. 3.

Nara Sumber :

Bapak Simon Sanae Taboy yang merupakan Ketua Lembaga Adat Nansean.

Bapak Hendrikus Seko Leok yang merupakan tokoh adat.

Bapak Yohanes Neo Seko yang merupakan meo atau penari tari gong

Bapak Dominikus Opat yang merupakan aktivis dan seniman

Ibu Veronika Maria Abatan yang merupakan guru SMP di Desa Nansean sekaligus koordinator tari bidu.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v25i1.2362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International